6 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami yang Bisa Anda Coba

Rabu, 16 Maret 2022 | 09:19 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami yang Bisa Anda Coba

ILUSTRASI. Perut kembung.


KONTAN.CO.ID - Perut kembung terjadi karena adanya penumpukan gas dalam perut, khususnya saluran pencernaan. Kondisi tersebut sangat mengganggu, oleh sebab itu Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi perut kembung. 

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab perut kembung seperti makanan atau minuman yang dikonsumsi, sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya. 

Pada umumnya perut kembung akan hilang dengan sendirinya tanpa harus mengkonsumsi obat apapun. Namun, hal tersebut tetap perlu diwaspadai jika Anda mengalami perut kembung dalam rentang waktu yang relatif lama. 

Baca Juga: Catat! 5 Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan yang Mudah Dicari

Melansir dari Medical News Today, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung. Simak cara berikut ini:

1. Berjalan 

Berjalan adalah salah cara yang terbilang cukup efektif mengatasi perut kembung. Pasalnya, dengan berjalan gas yang menumpuk secara terpaksa keluar dengan adanya aktivitas fisik yang dilakukan. 

2. Menggunakan Essential Oil 

Menggunakan essential oil merupakan cara alternatif untuk mengatasi perut kembung. Bahkan tidak hanya kembung, essential oil bisa membantu mengatasi sakit perut dan berbagai masalah pencernaan lain. 

3. Mengkonsumsi Probiotik

Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk mengatasi perut kembung. Pasalnya, nutrisi tersebut baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu mengeluarkan gas yang menjadi penyebab perut kembung. 

Baca Juga: 7 Makanan Rendah Kalori yang Cocok Dimasukkan ke Daftar Menu Diet

4. Hindari Mengkonsumsi Soda 

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Alih-alih untuk menghilangkan kembung, minuman bersoda justru mengandung pemanis buatan yang menimbulkan efek perut kembung. 

5. Kurangi Konsumsi Garam

Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam adalah salah satu cara mengatasi perut kembung. Pasalnya, perut kembung juga bisa disebabkan oleh terlalu banyaknya cairan dalam tubuh, oleh karenanya membatasi makanan yang mengandung natrium adalah langkah yang bijak untuk dilakukan. 

6. Hindari Mengkonsumsi Permen Karet

Selain itu, menghindari konsumsi permen karet juga alternatif untuk mengatasi perut kembung. Hal tersebut dikarenakan kandungan gula dalam permen karet dapat menambah jumlah gas yang bisa membuat perut lebih terasa kembung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru