Kecantikan & Kebugaran

6 Bahan alami yang cocok jadi cara menghilangkan flek hitam

Kamis, 01 April 2021 | 07:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Bahan alami yang cocok jadi cara menghilangkan flek hitam

ILUSTRASI. Salah satu manfaat pepaya adalah dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan flek hitam.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Flek hitam adalah salah satu masalah kulit wajah yang pernah dialami oleh banyak orang. Tentu saja ada banyak cara menghilangkan flek hitam yang bisa Anda coba. Baik dengan memanfaatkan bahan alami atau menggunakan produk perawatan yang dijual di pasaran.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kemunculan flek hitam, baik faktor eksternal atau internal. Faktor eksternal yang dimaksud adalah paparan sinar matahari berlebih sehingga menyebabkan kulit mengalami hiperpigmentasi.

Sedangkan untuk faktor internal adalah usia, ketidakseimbangan hormon, hamil, atau bekas jerawat. Alih-alih memakai produk perawatan berbahan dasar kimia, cobalah cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Pepaya

Salah satu bahan alami yang direkomendasikan Pure Fiji (purefiji.com) sebagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah adalah pepaya. Kandungan dalam jenis buah itu tak hanya menyamarkan flek hitam, tapi juga mampu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Pertama, Anda perlu membersihkan kulit dan biji pepaya terlebih dahulu. Setelah itu, hancurkan pepaya hingga benar-benar halus lalu aplikasikan pada wajah dan leher. Diamkan dulu selama 20 hingga 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.

Baca Juga: 5 Manfaat jeruk nipis untuk wajah, bisa jadi obat jerawat

Cuka Apel

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan cuka apel. Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, Anda perlu melakukan uji coba terlebih dahulu. Oleskan cuka apel di satu titik kulit. Jika tak ada reaksi alergi, maka Anda bisa menggunakannya.

Caranya, campur cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Anda bisa menambahkan beberapa tetes air lemon supaya efeknya lebih terasa. Setelah teraduk rata, aplikasikan campuran itu pada bagian kulit yang memiliki noda hitam.

Lemon

Bahan alami berikutnya yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam adalah lemon. Sama seperti cuka apel, lemon memiliki zat asam yang tinggi. Jadi, usahakan untuk melakukan uji coba dulu, ya.

Untuk pemilik kulit sensitif, Anda perlu mencampur 1 sdm air lemon dengan 1 sdm air mawar. Gunakan kapas untuk mengaplikasikannya. Jika Anda memiliki tipe kulit normal, cobalah untuk menggosokkan lemon secara langsung pada kulit di pagi dan malam hari.

Baca Juga: Cari cara menghilangkan flek hitam di wajah? 5 Bahan alami ini jawabannya

Kunyit, Tepung, Air Beras

Kunyit, tepung, dan air beras adalah salah satu kombinasi yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam.

Pure Fiji merekomendasikan kombinasi kunyit, tepung, dan air beras sebagai cara menghilangkan flek hitam secara alami selanjutnya yang bisa Anda coba. Caranya, campur 2 sdm air beras, 2 sdm tepung, dan sdt kunyit.

Setelah teraduk rata, aplikasikan pada flek hitam. Anda perlu mendiamkannya selama 20 menit supaya bahan alami bisa terserap kulit secara maksimal. Anda bisa menutup cara menghilangkan flek hitam itu dengan membilas wajah dan mengaplikasikan pelembab yang biasa Anda pakai.

Selanjutnya: Cari cara menghilangkan jerawat secara alami? Pakai 6 bahan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru