kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Bahan Alami yang Cocok Dijadikan Obat Sesak Nafas


Jumat, 03 September 2021 / 11:46 WIB
6 Bahan Alami yang Cocok Dijadikan Obat Sesak Nafas
ILUSTRASI. Salah satu bahan alami yang bisa jadi obat sesak nafas adalah bawang putih.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyumbatan, peradangan, atau masalah saluran pernapasan lain bisa menyebabkan sesak nafas. Untuk menghindari masalah yang lebih serius, obat sesak nafas perlu segera Anda konsumsi.

Paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh yang rentan mengalami masalah. Terlebih jika Anda sering terpapar polusi, misalnya asap rokok. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami penyakit parah, contohnya bronkitis, asma, dan lain sebagainya.

Supaya kesehatan paru-paru terjaga, cobalah untuk rutin mengonsumsi jenis makanan di bawah ini. Jangan lupa pula untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Khususnya jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan begitu, kesehatan Anda bisa tetap terpantau.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu bahan alami yang bisa menjaga kesehatan sistem pernapasan. Mengutip dari Food NDTV (food.ndtv.com), manfaat itu datang dari berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya. Mulai dari vitamin C, folat, karotenoid, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini 8 cara mengatasi sesak nafas secara alami

Apel

Jika Anda mencari obat sesak nafas, tak ada salahnya untuk makan apel secara teratur. Menurut sebuah penelitian, kandungan-kandungan yang ada dalam apel efektif meningkatkan fungsi paru-paru sehingga kesehatan sistem pernapasan Anda dapat terjaga.

Bawang Putih

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan oleh Food NDTV adalah bawang putih. Flavonoid dalam bawang putih mampu membantu tubuh untuk mengeluarkan karsinogen dan zat beracun lain yang mengganggu kesehatan sistem pernapasan Anda.

Kunyit

Kunyit termasuk salah satu jenis rempah yang bisa digunakan sebagai obat sesak nafas. Bukan tanpa alasan, curcumin dalam kunyit berfungsi sebagai antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan di saluran pernapasan, apalagi pada penderita asma.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi hidung tersumbat dengan bahan alami

Buah Beri

Ada banyak jenis buah beri yang berguna untuk menjaga sistem pernapasan, salah satunya adalah bluberi. Jenis buah itu mengandung banyak vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit dalam tubuh dapat dilawan.

Jahe

Jahe dapat Anda gunakan sebagai obat sesak nafas.

Supaya sesak napas tak sering Anda alami, cobalah untuk rutin makan jahe. Sama seperti bahan alami yang lain, jenis rempah itu mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam jahe juga efektif mengeluarkan polusi yang mengganggu sistem pernapasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×