6 Bahan alami ini cocok jadi scrub wajah, lo. Mau coba?

Selasa, 02 Maret 2021 | 14:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Bahan alami ini cocok jadi scrub wajah, lo. Mau coba?

ILUSTRASI. Gula dan bahan alami lainnya bisa Anda manfaatkan sebagai scrub wajah. KONTAn/Muradi/2017/09/14


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu penyebab masalah kulit yang cukup sering dialami banyak orang adalah sel kulit mati yang menumpuk. Hal tersebut bisa Anda atasi dengan memakai scrub wajah. Sebenarnya, ada banyak produk yang dijual di pasaran untuk Anda pilih.

Namun, karena terbuat dari bahan kimia, risiko efek samping yang bisa Anda alami pun cukup besar. Pilihan lain yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Selain membersihkan sel kulit mati, kandungan nutrisi yang ada dalam bahan alami mampu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Dengan begitu, masalah kulit, seperti jerawat, komedo, dan noda hitam bisa teratasi secara efektif.

Minyak Kelapa dan Gula

Mengutip dari Homemade for Elle (homemadeforelle.com), minyak kelapa dan gula adalah salah satu kombinasi scrub yang cukup mudah untuk dibuat. Apalagi bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang.

Caranya, campur 1 sdm minyak kelapa dengan 1 sdm gula. Setelah teraduk rata, gosokkan pada kulit dan wajah dengan gerakan memutar selama 60 detik lalu bilas dengan air hangat. Namun, pastikan untuk menggosokkannya secara halus supaya tidak merusak kulit.

Baca Juga: 4 Cara terbaik mengecilkan pori-pori yang perlu Anda coba

Bluberi, Gula, dan Madu

Madu bisa dikombinasikan dengan gula dan bluberi untuk jadi scrub wajah.

Scrub wajah juga bisa Anda buat dengan mencampur bluberi, gula, dan madu, lo. Pertama, campur 2 sdm madu, 1-2 sdm gula, dan setengah gelas bluberi lalu aduk hingga rata. Setelah teksturnya berubah menjadi pasta, aplikasikan pada wajah selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Skincare untuk kulit berminyak, bisa pakai bahan alami

Oatmeal, Madu, dan Minyak Zaitun

Homemade for Elle menyebutkan bahwa kombinasi oatmeal, madu, dan minyak zaitun cocok digunakan oleh pemilik tipe kulit kering. Kandungan dalam bahan-bahan alami tersebut dapat mengunci kelembaban kulit sehingga kondisi kering dapat teratasi dengan baik.

Anda perlu menumbuk oatmeal terlebih dahulu. Namun, pastikan untuk tidak menumbuknya hingga terlalu halus, ya. Campur ¼ gelas oatmeal yang sudah Anda tumbuk dengan 1/8 gelas madu dan 1/8 gelas minyak zaitun. Gosokkan pada kulit lalu diamkan selama minimal lima menit kemudian bilas dengan air.

Selanjutnya: 6 ​Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara menggunakannya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru