6 ​Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara menggunakannya

Senin, 25 Januari 2021 | 16:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
6 ​Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara menggunakannya

ILUSTRASI. Minyak zaitun

KONTAN.CO.ID - Minyak zaitun adalah minyak yang diolah dari ekstrak buah zaitun. Minyak zaitun lebih dikenal untuk memasak sejumlah hidangan. Di antaranya adalah roti, pasta, atau salad, atau makanan yang dipanggang. 

Minyak ini juga dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Meski demikian, minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk wajah yang tidak bisa diabaikan. 

Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara menggunakannya 

Minyak zaitun digunakan sebagai bahan dalam banyak produk perawatan pribadi, termasuk pembersih wajah, sabun mandi, sabun, dan losion. 

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara menggunakannya: 

1. Pelembap dan perawatan setelah berjemur

Beberapa orang menggunakan minyak zaitun sebagai losion pelembap dengan mengoleskannya langsung ke kulit sebelum menghilangkan minyak berlebih. Sebagai alternatif, minyak bisa dioleskan ke kulit lembap untuk mencegah rasa berminyak.

Baca Juga: Yuk, coba 4 pelurus rambut dari bahan-bahan alami ini

2. Eksfoliator atau pengelupasan sel kulit mati

Untuk pengelupasan sel kulit mati pada wajah dan tubuh serta merawat area kulit kering atau bersisik, minyak zaitun dapat dicampurkan dengan garam laut untuk membuat scrub.

3. Membersihkan make-up dan  riasan mata

Minyak zaitun memecah zat yang tahan air pada riasan mata, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Untuk menghapus riasan mata, cukup tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke bola kapas dan usap area mata dengan lembut.

Baca Juga: Coba 3 rekomendasi moisturizer untuk kulit berjerawat ini, yuk

4. Masker wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah salah satunya adalah dapat digunakan sebagai campuran masker. Minyak zaitun yang dicampur dengan bahan seperti putih telur, madu, atau oat dapat melembutkan dan melembabkan wajah.

5. Perawatan bekas luka dan kerutan 

Karena kandungan antioksidannya, minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan. Minyak dapat dioleskan di sekitar area mata pada malam hari atau setelah terpapar sinar matahari.

6. Membantu menghilangkan stretch marks 

Vitamin dan antioksidan lain dalam minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka dengan membantu regenerasi sel kulit.

Cukup pijat minyak yang tidak diencerkan ke dalam bekas luka atau campur dengan perasan jus lemon untuk mengatasi area hiperpigmentasi, di mana kulit menjadi gelap karena jaringan parut. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati stretch mark

Selanjutnya: Ini bahan alami yang bisa menjadi obat rambut rontok

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru