kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Tips diet terbaik untuk menurunkan berat badan Anda


Senin, 15 Februari 2021 / 09:39 WIB
5 Tips diet terbaik untuk menurunkan berat badan Anda
ILUSTRASI. Memperbanyak asupan serat jadi salah satu tips diet yang perlu Anda coba. KONTAN/Muradi/2017/11/02


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak tips diet yang bisa Anda ikuti untuk menurunkan berat badan. Namun, satu hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah usahakan untuk melakukannya secara disiplin. Dengan begitu, program diet dapat berjalan secara efektif dan memberikan hasil yang maksimal.

Pertama, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin. Pilihlah jenis olahraga yang cukup nyaman untuk Anda lakukan. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter supaya mendapat program olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selain olahraga secara rutin, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat lainnya, yaitu dengan memerhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Dengan begitu, target berat badan yang Anda inginkan bisa segera tercapai.

Perbanyak Asupan Serat

Ada berbagai jenis buah dan sayur yang mengandung banyak serat. Cobalah untuk mengolah sayur dan buah kesukaan Anda menjadi berbagai macam hidangan lezat. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Memperbanyak asupan serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Artinya, keinginan Anda untuk makan dan minum berlebih pun dapat berkurang sehingga berat badan dapat turun.

Baca Juga: Catat, 6 makanan ini cocok dijadikan menu diet karbo

Hindari Pemanis Buatan

Tips diet selanjutnya yang perlu Anda coba adalah menghindari atau membatasi konsumsi pemanis buatan. Selain berpengaruh pada berat badan, mengonsumsi pemanis buatan terlalu sering dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Konsumsi Protein di Pagi Hari

Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa mengonsumsi protein saat sarapan dapat membuat Anda tidak mudah lapar selama seharian menjalani aktivitas. Alih-alih sarapan dengan semangkuk sereal, cobalah untuk makan telur yang dicampur dengan sayur-mayur.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu tips diet yang bisa Anda coba adalah dengan minum banyak air putih supaya tidak dehidrasi.

Tips diet yang tidak boleh Anda lewatkan adalah usahakan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Cobalah untuk minum air putih sebelum makan. Dengan begitu, keinginan untuk mengonsumsi kalori berlebih dapat berkurang.

Baca Juga: Catat, ini 7 makanan pembakar lemak yang bisa membantu diet

Pilih Makanan Ringan yang Sehat

Mengonsumsi camilan di antara jadwal makan besar memang menyenangkan. Namun, Anda perlu memerhatikan makanan ringan apa yang Anda konsumsi. Hindari camilan yang mengandung banyak pemanis dan kalori.

Anda bisa memilih berbagai macam sumber makanan yang mengandung banyak gizi, seperti buah. Cobalah untuk menyediakan beberapa jenis buah atau sayur di rumah yang bisa dipakai sebagai camilan. Dengan begitu, keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan ringan bisa terpenuhi.

Selanjutnya: 4 Manfaat diet air putih, siapa tertarik untuk mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×