5 Tanda Jantung Tidak Sehat, Tidak Semua Terjadi di Dada

Rabu, 11 Mei 2022 | 20:13 WIB Sumber: Kompas.com
5 Tanda Jantung Tidak Sehat, Tidak Semua Terjadi di Dada

ILUSTRASI. 5 Tanda Jantung Tidak Sehat, Tidak Semua Terjadi di Dada.


KONTAN.CO.ID - Jantung tidak sehat memiliki banyak tanda. Tapi, tidak semua terjadi di dada, sehingga tak selalu mudah mendeteksinya. Berikut ini tanda jantung tidak sehat.

Lantaran tak selalu mudah mendeteksinya, mengutip The Healthy, penyakit jantung disebut juga sebagai jenis iskemia miokard senyap (silent myocardial infarction). 

Iskemia miokard senyap adalah kondisi berkurangnya aliran darah kaya oksigen ke jantung yang terjadi tanpa ada rasa tidak nyaman di dada atau gejala angina lainnya.

Misalnya, sesak napas (dispnea), mual, dan keringat dingin (diaforesis). 

Melansir WebMD, orang-orang dengan kondisi berikut lebih berisiko mengalami jantung tidak sehat: 

  • Berusia 60 tahun atau lebih 
  • Kelebihan berat badan 
  • Memiliki diabetes 
  • Kolesterol tinggi 
  • Tekanan darah tinggi 

"Semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki, semakin Anda harus khawatir tentang apa pun yang mungkin berhubungan dengan jantung," kata Vincent Bufalino, juru bicara American Heart Association. 

"Jika Anda tidak yakin, periksalah," ujar Charles Chambers, MD, Direktur Cardiac Catheterization Laboratory di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute. 

Baca Juga: 10 Makanan Ini Efektif Menurunkan Gula Darah, Baik untuk Penderita Diabetes

Berikut tanda jantung tidak sehat yang perlu Anda waspadai, selain rasa tidak nyaman di dada, mengutip WebMD

1. Mual, gangguan pencernaan, sakit di ulu hati, atau sakit perut 

Mual, gangguan pencernaan, sakit di ulu hati atau perut bisa juga menjadi tanda-tanda jantung tidak sehat. Beberapa orang yang mengalami serangan jantung menunjukkan tanda-tanda tersebut. 

Namun, Anda dapat mengalami sakit perut karena berbagai alasan yang tidak ada hubungannya dengan jantung. Sehingga, sangat penting berantisipasi dengan memeriksakan kesehatan jantung terutama saat gejala-gejala tersebut muncul. 

2. Nyeri yang menyebar ke lengan 

Tanda jantung tidak sehat yang klasik adalah rasa sakit yang menjalar ke sisi kiri tubuh. "Hampir selalu dimulai dari dada dan bergerak ke luar," kata Chambers. 

"Tetapi, saya memiliki beberapa pasien yang mengalami nyeri lengan yang ternyata merupakan serangan jantung," imbuhnya. 

3. Kepala pusing 

Pusing bisa menjadi gejala jantung tidak sehat. Semakin jelas tanda-tanda jantung tidak sehat ketika kepala pusing diikuti ketidaknyamanan dada atau sesak napas. 

"Itu bisa berarti, tekanan darah Anda turun karena jantung Anda tidak mampu memompa sebagaimana mestinya," kata Bufalino. Meski mungkin bisa jadi pusing itu karena tubuh tidak cukup makan atau minum. 

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gejala Gula Darah Tinggi, Kenali biar Makin Waspada Diabetes

4. Sakit tenggorokan atau rahang 

Sakit tenggorokan atau rahang mungkin tidak berhubungan dengan jantung. Kemungkinan besar disebabkan oleh masalah otot, pilek, atau masalah sinus. 

Namun, jika Anda mengalami rasa sakit atau tekanan di bagian tengah dada yang menyebar ke tenggorokan atau rahang, itu bisa menjadi tanda serangan jantung. 

5. Mudah lelah 

Rasa mudah lelah yang tiba-tiba muncul tidak biasa dapat menjadi salah satu tanda-tanda jantung tidak sehat. 

Contohnya, jika Anda tiba-tiba merasa lelah setelah melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bermasalah, seperti menaiki tangga atau membawa barang belanjaan dari mobil ke dalam rumah. 

"Jenis perubahan signifikan ini lebih penting bagi kita dari pada setiap rasa sakit dan nyeri kecil yang mungkin Anda rasakan," kata Bufalino. 

Kelelahan yang ekstrem atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, yang bisa berlangsung selama berhari-hari, bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "15 Tanda-tanda Jantung Tidak Sehat"

Penulis: Shintaloka Pradita Sicca
Editor: Shintaloka Pradita Sicca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru