kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

5 Rekomendasi Buah yang Bermanfaat bagi Orang Dewasa Umur 40 Tahun ke Atas


Minggu, 08 September 2024 / 15:30 WIB
5 Rekomendasi Buah yang Bermanfaat bagi Orang Dewasa Umur 40 Tahun ke Atas
ILUSTRASI. Jus kiwi


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat daftar buah yang dianjurkan bagi orang dewasa menuju lansia. Memasuki usia 40-an, pemilihan makanan menjadi semakin penting untuk diperhatikan.

Mengonsumsi buah bagi orang dewasa memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup.

Buah-buahan kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan, yang mendukung fungsi tubuh agar tetap optimal.

Bagi orang dewasa paruh baya, yang mungkin menghadapi tekanan dari pekerjaan dan tanggung jawab keluarga, buah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat sistem kekebalan, serta mengurangi risiko penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Baca Juga: Inilah 8 Makanan yang Bernutrisi untuk Liver dalam Jangka Panjang

Buah untuk umur 40 tahun ke atas

Ilustrasi buah jeruk

Serat dalam buah juga sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengatur kadar gula darah, serta membantu dalam pengelolaan berat badan. Selain manfaat fisik, buah-buahan juga berkontribusi pada kesehatan mental, membantu mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Menjadikan buah sebagai bagian dari rutinitas harian adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup di masa dewasa paruh baya.

Ada beberapa rekomendasi buah yang dikonsumsi orang dewasa yang memasuki umur 40 tahun.

Intip pilihan buah yang layak dimasukkan ke menu Anda untuk konsumsi sehari-hari, dilansir dari laman Incredi Care.

Baca Juga: Selain Badan Lemas, Ini Tanda-Tanda Usus Kotor, Cek Juga Cara Mengatasinya

1. Buah Beri

Ini adalah kategori buah yang luas, tetapi penuh dengan manfaat kesehatan. Beri dan buah berkulit gelap lainnya, khususnya, dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda.

Ada bukti yang semakin banyak bahwa antosianin, antioksidan yang ditemukan dalam buah beri, dapat mencegah kehilangan ingatan dan kondisi terkait penuaan lainnya, termasuk penyakit jantung dan kanker. Jika para lansia tidak menyukai buah beri, cobalah makan jeruk darah!

2. Buah Pepaya

Kandungan karotenoid seperti beta-karoten dan lutein, yang melimpah dalam pepaya, telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena kanker dan penyakit kardiovaskular.

Oksidasi kolesterol di pembuluh darah Anda dapat meningkatkan risiko serangan jantung, itulah mengapa pepaya, ketika ditambahkan dengan vitamin C dan E, membantu meminimalkan risiko tersebut. Jika lansia tidak menyukai atau tidak dapat menemukan pepaya, mereka dapat membeli melon atau aprikot.

3. Buah Jeruk

Jeruk adalah sumber baik vitamin C, tetapi juga mengandung jumlah kalsium yang layak. Konsumsi suplemen kalsium dapat membantu Anda menghindari cedera serius dalam kejadian jatuh yang tidak terduga.

Dibandingkan dengan segelas susu, tidak menyediakan sebanyak kalsium, tetapi menjadi pilihan yang sangat baik jika Anda mencari opsi non-dairy.

4. Buah Kiwi

Jatuh sakit tidak pernah menyenangkan, tetapi itu dapat memiliki dampak yang jauh-reaching saat seseorang menua. Vitamin C dan E, yang terdapat dalam kiwi, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Makanan ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan penyakit dan sakit, sehingga kiwi dapat membantu tubuh merasa lebih baik dan hidup lebih lama.

5. Buah Pir

Buah Pir tentu dapat menjadi makanan harus melewati (dan akhirnya keluar) dari tubuh kita dengan usaha minimum, meskipun itu bukan topik favorit semua orang. Menambahkan serat ke dalam diet Anda adalah ide cerdas, dan pir adalah sumber serat yang sangat baik. Jika Anda kekurangan serat, makanlah lebih banyak pir!

Anda dapat menciptakan gaya hidup sehat yang berkelanjutan, saat buah menjadi bagian tak terpisahkan untuk mendukung kesehatan jelang hari tua.

Itulah penjelasan terkait rekomendasi buah yang baik untuk orang dewasa usia lanjut.

Selanjutnya: Apakah Ganjil Genap Jakarta Petang-Malam Hari Ini Berlaku? Cek Lagi Aturannya

Menarik Dibaca: Cara Hemat Air Meski Mencuci dengan Mesin Cuci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×