kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Inilah 8 Makanan yang Bernutrisi untuk Liver dalam Jangka Panjang


Sabtu, 07 September 2024 / 14:25 WIB
 Inilah 8 Makanan yang Bernutrisi untuk Liver dalam Jangka Panjang
ILUSTRASI. Anggur hijau


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Periksa daftar makanan yang berguna untuk kesehatan liver atau hati, yang dapat membantu mencegah penyakit terkait. Anda dapat memasukkan berbagai jenis makanan ini ke dalam menu harian Anda.

Liver atau hati bertanggung jawab atas lebih dari 500 fungsi penting dalam tubuh, oleh karena itu penting untuk merawatnya dengan baik.

Salah satu fungsi utama liver adalah memproses dan mengolah darah, serta menghasilkan empedu untuk membantu dalam pembuangan limbah tubuh.

Anda bisa membayangkan liver sebagai penyaring yang menjaga tubuh tetap bersih, membersihkan darah dari zat-zat berbahaya, serta membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dengan memproduksi faktor kekebalan dan menghilangkan bakteri dari aliran darah.

Baca Juga: Jantung Jadi Silent Killer, Kenali Perbedaan CT Scan dan Kateterisasi

Selain itu, liver juga berperan dalam produksi kolesterol dan protein yang diperlukan untuk transportasi lemak ke seluruh tubuh, serta mengubah glukosa tambahan menjadi glikogen untuk disimpan sebagai cadangan energi dalam tubuh.

Nutrisi kesehatan hati atau liver

Ilustrasi diet makanan sehat

Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang berperan dalam kesehatan hati:

  • Antioksidan (Vitamin C dan E, Selenium): Antioksidan membantu melindungi sel hati dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan. Makanan seperti jeruk, stroberi, kacang almond, sayuran berdaun hijau, dan ikan tuna mengandung antioksidan ini.
  • B-Vitamin (B12, B6, Folate): Vitamin B kompleks penting untuk proses detoksifikasi hati dan metabolisme lemak. Makanan seperti hati sapi, ikan, ayam, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau mengandung banyak vitamin B.
  • Beta-Karoten: Ditemukan dalam sayuran berwarna oranye seperti wortel, labu, dan ubi jalar. Beta-karoten dapat membantu melindungi sel hati dari kerusakan dan peradangan.
  • Sumber Protein Berkualitas: Protein diperlukan untuk pembentukan dan perbaikan jaringan. Pilih sumber protein berkualitas seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.
  • Serat: Serat membantu mengatur pencernaan dan mempengaruhi metabolisme lemak. Serat dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan.
  • Sumber Lemak Sehat: Lemak sehat, seperti lemak tak jenuh (mono- dan poli-tak jenuh), dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan hati. Sumber lemak sehat meliputi alpukat, kacang-kacangan, ikan berlemak, dan minyak zaitun.
  • Magnesium: Mineral ini berperan dalam fungsi enzim dan detoksifikasi. Makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan ikan juga mengandung magnesium.

Salah satu penyakit yang menyerang liver adalah jenis penyakit liver berlemak nonalkohol atau NAFLD. Pemicu penyakit ini berupa obesitas, operasi bypass lambung, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

Untuk itu, dalam upaya menjaga kesehatan liver dan fungsinya, perlu konsumsi makanan sehat berikut secara teratur.

Berikut ini beberapa panduan makanan yang bernutrisi untuk liver sehingga dapat mencegah penyakit NAFLD dirangkum dari Good RX.

Baca Juga: 6 Manfaat Melamun Selama 10 Menit yang Direkomendasikan Para Ahli

1. Anggur

Seperti buah beri, anggur kaya serat dan antioksidan, termasuk resveratrol, yang dapat membantu mencegah kerusakan hati lebih lanjut pada penderita NAFLD. Studi juga menunjukkan bahwa resveratrol dari anggur dapat mengurangi peradangan pada penderita NAFLD.

2. Sayuran Hijau

Mengkonsumsi brokoli, kubis, dan sawi secara rutin baik untuk hati karena kaya akan serat, antioksidan, dan fitokimia yang dapat mencegah kanker hati.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah pilihan baik dalam diet karena kandungan lemak sehat tak jenuhnya. Mengonsumsi 28 gram kenari setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD), menurut penelitian. Pola makan yang tinggi kacang-kacangan juga terkait dengan penurunan risiko NAFLD, terutama pada pria.

4. Biji-Bijian

American Liver Foundation menyarankan mengganti daging merah dengan biji-bijian, lentil, dan buncis. Biji-bijian rendah lemak jenuh dan tinggi serat, yang mendukung kesehatan hati.

5. Buah Beri

Dengan menambahkan blueberry, stroberi, atau raspberry dalam makanan atau camilan merupakan pilihan yang bijak karena kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi, terutama antosianin. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan ini dapat mengurangi kerusakan hati dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

6. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon dan trout mengandung omega-3, yang penting untuk kesehatan hati. Omega-3 dapat membantu memperlambat perkembangan NAFLD.

7. Kopi

Kopi dikenal baik untuk kesehatan hati karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, baik kopi berkafein maupun tanpa kafein, asalkan tidak ditambahkan gula berlebihan.

8. Teh

Teh, terutama teh hijau, mengandung senyawa bioaktif seperti katekin yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. Teh ini dapat membantu mengurangi risiko NAFLD dan kanker hati.

Untuk menjaga kesehatan hati dan mencegah NAFLD, disarankan mengurangi makanan olahan dan cepat saji, serta meningkatkan konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Demikian informasi daftar makanan sehat untuk kesehatan liver atau hati yang bermanfaat untuk cegah penyakit non-alkohol.

Selanjutnya: Pelibatan Publik Dinilai Minim, Pembentukan Aturan Turunan PP 28/2024 Dikritik

Menarik Dibaca: 4 Alasan Pakai Serum Vitamin C, Salah Satu Cegah Penuaan Dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×