5 Pilihan obat herbal batuk kering yang mudah didapat

Kamis, 01 Juli 2021 | 12:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Pilihan obat herbal batuk kering yang mudah didapat

ILUSTRASI. Obat herbal batuk kering bisa jadi salah satu cara menghindari masalah kesehatan yang lebih serius.

KONTAN.CO.ID - Batuk kering adalah salah satu respons tubuh saat ada benda asing yang menyerang tubuh. Ada beberapa pilihan obat herbal batuk kering yang bisa Anda coba.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang bahan alami apa saja yang berguna sebagai obat batuk kering, sebaiknya Anda mengatahui penyebab batuk kering. Melansir Healthline, penyebab batuk kering biasanya infeksi virus.

Namun, tak menutup kemungkinan batuk kering juga terjadi karena hal lain. Mulai dari asma, GERD, hingga alergi. Selain mewaspadai beberapa penyebab ini, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami ini.

Minum air putih

Minum air putih yang banyak saat mengalami batuk kering merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Tujuannya, agar tubuh terhidrasi dengan baik dan tenggorokan bisa tetap lembab sehingga proses penyembuhan pun tak membutuhkan waktu lama.

Baca Juga: Tenggorokan sering sakit? Ini 10 cara mengobati sakit tenggorokan secara alami

Madu

Jika Anda mencari obat herbal batuk kering, maka tak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada madu. Antiinflamasi yang terdapat dalam madu efektif mengatasi bagian tenggorokan yang meradang.

Anda hanya perlu mencampur madu pada air hangat atau teh herbal dan konsumsilah secara rutin.

Nanas

Nanas bisa jadi obat herbal batuk kering lainnya yang bisa Anda coba. Bukan tanpa alasan, buah nanas mengandung banyak bromelain, salah satu jenis enzim yang berguna untuk meredakan peradangan.

Selain rajin mengonsumsi jus nanas, Anda juga bisa mendapat asupan bromelain dalam bentuk suplemen.

Namun, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen itu, ya. Tujuannya, biar dosis yang Anda konsumsi sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: Jahe hingga lemon, ini 4 rekomendasi obat herbal batuk

Garam

Air garam termasuk salah satu obat herbal batuk kering.

Mengutip dari Healthline, air garam bisa Anda pakai untuk mengobati batuk. Kandungan dalam air garam efektif meredakan jaringan tenggorokan yang mengalami peradangan.

Anda hanya perlu berkumur dengan ½ sdt garam yang dicampur dalam 8 ons air. Lakukan cara tersebut selama 30 detik.

Yogurt

Mengonsumsi yogurt juga bisa jadi cara mengobati batuk, lo. Sebab, produk olahan susu itu mengandung banyak probiotik. Selain mengobati batuk, probiotik pun mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selanjutnya: Sederet obat herbal untuk meredakan batuk yang bahannya mudah didapat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru