Tips Sehat

5 Perawatan wajah pria ini layak untuk dicoba

Selasa, 17 November 2020 | 14:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Perawatan wajah pria ini layak untuk dicoba

ILUSTRASI. Perawatan wajah pria perlu dilakukan agar kesehatan kulit terjaga.


KONTAN.CO.ID - Sama seperti wanita, pria juga bisa mengalami berbagai macam masalah kulit, seperti jerawat, kulit kusam, dan komedo. Maka dari itu, perawatan wajah pria tak cukup mencuci muka saja.

Ada beberapa jenis perawatan mudah lainnya yang perlu para pria coba, yakni:

Pembersih wajah

Agar kesehatan kulit tetap terjaga, usahakan untuk memakai pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit. Melansir Esquire.com, pembersih wajah yang dilengkapi dengan pelembab.

Anda bisa memilih pembersih wajah yang dilengkapi dengan asam salisilat. Tujuannya agar jumlah minyak wajah tetap seimbang sehingga kelembaban terjaga.

Anda bisa memakai pembersih wajah sebanyak dua kali, saat pagi dan malam hari.

Baca Juga: Manfaat es batu untuk wajah berikut patut Anda coba

Pelembab

Supaya wajah terlihat cerah dan terawat, cobalah untuk memakai pelembab. Perawatan wajah pria ini penting digunakan untuk semua tipe kulit.

Jika Anda masih belum tahu harus memakai pelembab apa, Anda bisa memakai pelembab yang berbentuk losion atau gel daripada pelembab yang berbentuk krim.

Sunscreen

Sunscreen atau pelindung matahari merupakan produk wajib yang perlu digunakan setiap hari, apalagi jika Anda melakukan banyak kegiatan di luar ruangan.

Sinar UV dari matahari bisa menyebabkan berbagai macam masalah kulit. Mulai dari memunculkan tanda-tanda penuaan hingga kanker.

Sebenarnya, pelembab juga dilengkapi dengan SPF yang bisa melindungi kulit dari sinar UV. Namun, jumlah yang ada di dalamnya tak cukup untuk memberi perlindungan.

Menurut Esquire.com, Anda sebaiknya memakai sunscreen yang dilengkapi dengan pelembab agar kulit semakin terjaga.

Baca Juga: 4 Manfaat air mawar terbaik untuk kesehatan tubuh

Serum

Untuk memaksimalkan fungsi pelembab, Anda bisa menggunakan serum. Serum mengandung pelembab yang berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah.

Anda bisa menggunakan serum dua kali sehari. Pakai setelah mencuci wajah dan sebelum memakai pelembab.

Masker

Perawatan wajah pria selanjutnya yang tak boleh dilupakan adalah menggunakan masker wajah. Ada banyak sekali jenis masker yang bisa Anda pakai untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah.

Jika Anda masih pemula dalam hal perawatan kulit, mengutip Esquire.com, jenis clay mask bisa Anda pakai.

Bahan dasar dari jenis masker itu biasanya adalah tanah liat dan lumpur. Clay mask mampu membersihkan pori-pori wajah hingga bersih.

Kotoran dan minyak yang menumpuk bisa hilang sehingga masalah kulit bisa teratasi dengan baik.

Selanjutnya: 4 Masker jerawat dari bahan yang ada di rumah

Editor: Belladina Biananda


Terbaru