kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Penyebab sakit pinggang yang wajib Anda perhatikan


Rabu, 08 Desember 2021 / 12:56 WIB
5 Penyebab sakit pinggang yang wajib Anda perhatikan
ILUSTRASI. Penyebab sakit pinggang perlu Anda kenali supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sakit pinggang bisa dialami oleh siapa saja. Nah, mengenali penyebab sakit pinggang bisa memudahkan Anda untuk melakukan langkah perawatan yang sesuai. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda bisa terus terjaga.

Salah satu penyebab yang paling umum terjadi adalah keseleo. Keseleo terjadi saat Anda melakukan peregangan berlebihan sehingga ligamen menjadi robek. Selain terasa sakit, keseleo juga dapat membuat otot merah dan bengkak.

Kondisi tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara. Mulai dari menggunakan kompres hingga obat apotek. Tak hanya keseleo, tentu saja masih banyak faktor lain yang menimbulkan sakit pinggang.

Cedera otot

Otot yang meregang terlalu panjang bisa rusak hingga menimbulkan rasa sakit. Selain itu, peregangan otot yang berlebihan juga dapat melukai ligamen, jaringan penghubung tiap tulang.

Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk tidak mengangkat beban yang terlalu berat, mengatur posisi tubuh yang benar, dan lain-lain.

Baca Juga: Tak hanya demam, ini 5 gejala batu ginjal pada wanita

Kecelakaan

Kecelakaan bisa jadi penyebab sakit pinggang.

Melansir Medical News Today, sakit pinggang bisa disebabkan oleh kecelakaan yang dialami oleh seseorang. Tak hanya menimbulkan sakit, kecelakaan juga mampu menimbulkan mati rasa yang menjalar hingga ke kaki.

Cara mengatasi sakit pinggang yang disebabkan oleh kecelakaan bervariasi dan disesuaikan dengan kondisi Anda. Ada yang membutuhkan operasi dan terapi fisik, tapi tak sedikit pula yang bisa sembuh dengan minum obat apotek.

Skoliosis

Medical News Today menyebutkan, sakit pinggang bisa disebabkan oleh skoliosis. Kelainan tulang itu bisa dialami oleh semua orang, tapi biasanya terjadi setelah anak-anak berusia 11 hingga 12 tahun.

Anak-anak yang mengalami kondisi itu berisiko mengalami sakit pinggang saat sudah dewasa.

Pengobatan yang dibutuhkan penderita skoliosis berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahan kelainan tulang. Orang dewasa membutuhkan jenis obat tertentu dan latihan fisik yang dapat mengembalikan fleksibilitas dan postur tulang.

Baca Juga: Hangat dan nikmat! Ini manfaat jahe merah untuk kesehatan

Infeksi

Tahukah Anda bahwa infeksi virus, bakteri, dan jamur bisa jadi penyebab sakit pinggang? Awalnya, virus, bakteri, dan jamur menginfeksi bagian tubuh yang lain. Setelah itu, infeksi menyebar hingga ke bagian pinggang.

Gejala sakit pinggang yang disebabkan oleh infeksi adalah otot menjadi tegang dan terasa sakit, demam, dan mati rasa di bagian kaki.

Anda memerlukan pengobatan antibiotik dan antijamur untuk mengatasi masalah itu. Tidak jarang dokter juga menyarankan operasi supaya masalah bisa cepat teratasi.

Penyebab lain

Tidak hanya beberapa penyebab yang telah disebutkan, masih banyak penyebab sakit pinggang lain yang dapat menimbulkan rasa sakit di bagian pinggang. Mulai dari endrometriosis, batu ginjal, hingga kehamilan.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×