kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Penyebab kaki bengkak yang bisa Anda alami, apa saja?


Kamis, 19 Agustus 2021 / 12:24 WIB
5 Penyebab kaki bengkak yang bisa Anda alami, apa saja?
ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab kaki bengkak./Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo/04/06/2012.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab kaki bengkak. Mulai dari masalah sepele hingga masalah serius yang membutuhkan pertolongan medis. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Biasanya, kaki bengkak terjadi karena terkilir. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), Anda perlu mengangkat kaki yang terluka dan jangan beri beban berlebih pada kaki tersebut. Menggunakan kompres dingin juga bisa Anda jadikan pilihan.

Selain terkilir, masih banyak faktor lainnya yang memicu pembengkakan kaki. Bila kaki bengkak tak kunjung sembuh dalam jangka waktu yang relatif lama, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Nantinya, dokter akan memberikan saran perawatan sesuai dengan penyebab-penyebabnya.

Alkohol

Konsumsi alkohol bisa jadi salah satu penyebab kaki bengkak, lo. Sebenarnya, kondisi itu merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, jika kaki bengkak terus terjadi, segera periksakan diri ke dokter. Bisa saja kaki bengkak terjadi karena masalah lain yang lebih serius.

Baca Juga: Catat, ini makanan yang memicu asam urat kambuh

Kehamilan

Salah satu kondisi yang biasa dialami oleh ibu hamil adalah kaki bengkak. Hal itu terjadi karena retensi cairan dan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah vena. Anda tidak perlu khawatir karena kaki bengkak karena hamil bisa diatasi dengan beberapa cara.

Sama seperti kaki terkilir, Anda perlu mengangkat kaki untuk mengurangi pembengkakan. Selain itu, gunakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat untuk supaya tekanan dapat berkurang. Jangan lupa untuk membatasi konsumsi makanan asin agar retensi cairan tak bertambah parah.

Jenis Obat Tertentu

Mengonsumsi beberapa jenis obat bisa jadi penyebab kaki bengkak.

Medical News Today menyebutkan bahwa kaki bengkak dapat terjadi sebagai efek samping jenis obat tertentu. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah obat antidepresan, obat hipertensi, dan obat diabetes.

Jika mengalami kaki bengkak setelah mengonsumsi jenis obat itu, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter.

Baca Juga: Sering Duduk Terlalu Lama Tak Baik Bagi Kesehatan, Ini Bahayanya

Infeksi

Penyebab kaki bengkak berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah infeksi. Risiko infeksi semakin meningkat saat Anda menderita diabetes. Jika infeksi terjadi, biasanya dokter akan memberikan antibiotik supaya infeksi tak menyebar dan memperparah kondisi kesehatan.

Cuaca

Sadarkah Anda bahwa kaki bengkak rentan terjadi saat cuaca panas? Kondisi itu terjadi karena pembuluh vena melebar untuk mendinginkan suhu tubuh. Agar tak bertambah parah, cobalah untuk mendinginkan tubuh dengan minum banyak air putih dan menggunakan pakaian yang nyaman.

Selanjutnya: Mudah didapatkan, ini 4 bahan alami yang efektif mengobati cantengan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×