Sering Duduk Terlalu Lama Tak Baik Bagi Kesehatan, Ini Bahayanya

Jumat, 16 Juli 2021 | 20:30 WIB Sumber: Siloam Hospitals,P2PTM Kemenkes RI
Sering Duduk Terlalu Lama Tak Baik Bagi Kesehatan, Ini Bahayanya

ILUSTRASI. Berbagai risiko kesehatan siap menyerang siapa saja yang dalam kesehariannya lebih banyak duduk. Foto: DOK Shutterstock      

KONTAN.CO.ID - Duduk dengan durasi yang lama ternyata tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, berbagai risiko kesehatan siap menyerang siapa saja yang dalam kesehariannya lebih banyak duduk dan jarang melakukan aktivitas lain.

Sebuah lembaga medis bernama Mayo Clinic pernah menunjukkan fakta tentang duduk terlalu lama. Dalam laporannya, Mayo Clinic mengungkapkan bahwa semakin lama seseorang duduk maka semakin besar pula kemungkinan bagi orang tersebut untuk mengalami kematian dini. Tak hanya itu, penyakit kardiovaskuler, kanker, dan diabetes tipe 2 pun akan mudah menyerang.

Baca Juga: Bahan-Bahan Alami yang Sebaiknya Tidak Diaplikasikan ke Wajah

Adapun risiko kesehatan lain dari duduk dengan durasi yang terlalu lama adalah sebagai berikut:

Melemahkan Otot

Ketika duduk, maka otot pun otomatis tidak terpakai. Hal tersebut mampu membuat otot mengalami pelemahan.

Saat tubuh duduk dengan frekuensi yang terlalu sering, maka otot pinggang akan kaku sehingga kemampuan mobilitasnya pun ikut berkurang.

Gangguan pada Leher dan Tulang Belakang

Leher dan tulang belakang menjadi bagian tubuh yang juga merasakan efek negatif dari duduk berlebihan. Dengan terlalu lama duduk, maka tekanan pada tulang belakang sekaligus cakram yang menyusunnya pun akan ikut bertambah.

Perlu diingat pula bahwa gangguan kesehatan pada leher dan tulang belakang akan semakin buruk kondisinya jika posisi duduk yang dilakukan tidak benar.

Gangguan pada Kaki

Sirkulasi darah pada kaki akan terhambat ketika seseorang terlalu banyak duduk.

Jika sudah begitu, darah pun akan otomatis berkumpul di sekitar pergelangan kaki. Darah yang berkumpul di pergelangan kaki tersebut kemudian akan menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan.

Adapun masalah kesehatan akibat terhambatnya sirkulasi darah pada kaki meliputi bengkak pergelangan kaki, varises, hingga gumpalan darah yang membahayakan.

Baca Juga: Mengelola Perasaan Stres Menggunakan Jam Tangan Pintar Fitbit Sense

Meningkatkan Risiko Obesitas

Tanpa disadari, duduk yang terlalu lama dapat memicu keinginan untuk makan berlebihan. Jika hal ini terus-menerus terjadi dan dibiarkan, maka berat badan pun akan mudah bertambah.

Semakin lama, berat badan yang terus bertambah akan berujung overweight. Ketika berat badan sudah melampaui batas normal dan tidak diimbangi dengan upaya olahraga, risiko obesitas pun akan meningkat.

Menurunkan Kemampuan Otak

Saat seseorang lebih banyak duduk dibandingkan melakukan hal lain, maka asupan darah dan oksigen yang didapatkan otak pun akan begitu minim.

Otak yang kurang menerima asupan darah dan oksigen akan mengalami penurunan kemampuan. Penurunan kemampuan otak dapat memperlambat fungsi otak sehingga pikiran akan sulit untuk fokus.

Ketika kemampuan otak menurun, tubuh pun akan mudah merasa lelah.

Itulah berbagai masalah kesehatan yang besar kemungkinan akan dialami oleh orang yang sering duduk dengan durasi terlalu lama.

Untuk meminimalkan efek buruk akibat terlalu lama duduk karena bekerja, Moms bisa beranjak sejenak dari tempat duduk untuk melakukan aktivitas lain seperti berjalan-jalan atau mengambil minuman di dapur. Selain itu, melakukan peregangan tubuh selama 5-10 menit setiap 2-3 jam sekali pun menjadi ide bagus untuk Moms terapkan di sela-sela waktu bekerja.

Selanjutnya: Bikin Minuman Pelengkap Workout Sendiri Yuk, Moms!

 

Editor: Ana Risma
Terbaru