5 Penyebab jantung bedebar yang tak banyak disadari

Selasa, 31 Agustus 2021 | 12:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Penyebab jantung bedebar yang tak banyak disadari

ILUSTRASI. Ada banyak faktor penyebab jantung berdebar yang perlu Anda perhatikan. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jantung berdebar atau palpitasi merupakan suatu kondisi di mana jantung berdetak lebih cepat daripada batas normal. Penyebab jantung berdebar yang biasa terjadi adalah olahraga atau aktivitas fisik lain yang sedang Anda lakukan.

Selain aktivitas fisik, stres atau gangguan kecemasan bisa jadi faktor lain yang menyebabkan jantung Anda berdebar lebih cepat. Biasanya, gangguan kecemasan ditandai dengan kondisi lain, seperti nyeri dada, keluar keringat dingin, sesak napas, dan lain-lain.

Tidak hanya dikarenakan aktivitas fisik tinggi atau gangguan kecemasan, masih banyak faktor lain yang memicu debaran jantung. Anda perlu mewaspadai kondisi itu untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih parah.

Kafein

Apakah Anda gemar mengonsumsi kafein? Ternyata, kafein bisa membuat jantung berdebar, lo. Risiko palpitasi semakin tinggi saat Anda sudah memiliki gangguan pada jantung sebelumnya. Selain kopi, kafein juga bisa Anda temukan di teh atau cokelat. Jadi, perhatikan porsi sumber kafein yang Anda konsumsi, ya.

Baca Juga: Ciri darah tinggi parah yang harus diwaspadai sejak dini

Perubahan Hormon

Mengutip dari Web MD (webmd.com), jantung berdebar bisa terjadi saat terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Meski bisa dialami siapa saja, perubahan hormon lebih sering dialami wanita. Misalnya, saat menstruasi, menopause, dan hamil.

Anda tidak perlu khawatir oleh jantung berdebar yang terjadi saat kondisi tersebut karena biasanya detak jantung kembali normal saat hormon lebih terkontrol. Namun, jika Anda merasa tak yakin dengan kesehatan tubuh Anda sendiri, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Jenis Obat Tertentu

Penyebab jantung berdebar berikutnya adalah beberapa jenis obat yang Anda konsumsi. Contohnya, antibiotik, obat antijamur, obat batuk, pil diet, dan obat penyakit tekanan darah tinggi. Jika Anda mengalami jantung berdebar karena obat tersebut, cobalah untuk membicarakannya dengan dokter.

Baca Juga: Jantung sering berdebar? Manfaatkan 4 bahan alami ini untuk mengatasinya

Alkohol

Mengonsumsi alkohol terlalu banyak bisa jadi penyebab jantung berdebar.

Selain kafein, alkohol jadi faktor lain yang mampu meningkatkan detak jantung. Terlebih jika Anda mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu banyak. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui batas konsumsi alkohol yang Anda sanggupi.

Gula Darah Rendah

Penyebab jatung berdebar lainnya yang bisa Anda alami adalah jumlah gula darah dalam tubuh terlalu sedikit. Saat gula darah terlalu rendah, tubuh akan memproduksi hormon stres. Nah, produksi hormon itulah yang membuat detak jantung Anda lebih cepat.

Selanjutnya: 4 Tahap gagal jantung yang bisa terjadi, jangan anggap enteng

Editor: Belladina Biananda
Terbaru