kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,35   5,75   0.58%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Penyebab Buang Air Besar Berdarah yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati!


Jumat, 19 Agustus 2022 / 15:41 WIB
5 Penyebab Buang Air Besar Berdarah yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati!
ILUSTRASI. Penyebab buang air besar berdarah


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Buang air besar berdarah adalah masalah saluran pencernaan yang kerap dialami. Ada beberapa penyebab buang air besar berdarah yang perlu diwaspadai.

Biasanya saat buang air besar berdarah, warna tinja bisa dijadikan tanda untuk mengetahui asal pendarahan. Ada tinja yang berwarna merah segar, merah gelap dan merah hitam. 

Setiap orang mengalami hal yang berbeda-beda, namun jika setelah buang air besar berdarah timbul gejala lain yang lebih parah, segera untuk memeriksanya ke dokter. Jika sudah ditangani oleh pihak medis penyebabnya akan segeran ditemukan dan diatasi.

Baca Juga: Mampu Menjaga Kesehatan Jantung, Kenali 6 Manfaat Jahe Merah Ini

Melansir dari Medicine Net, ada beberapa penyebab buang air besar berdarah yang mungkin Anda alami. Di antaranya sebagai berikut: 

1. Ambeien

Penyebab buang air besar berdarah adalah ambeien. Pasalnya, ambeien adalah kondisi sekitar anus mengalami pembengkakan hingga pendarahan.

Ambien merupakan salah satu penyakit yang cukup dialami banyak orang. Namun, biasanya pendarahan tidak berlangsung lama. 

2. Divertikulitis 

Divertikulitis juga bisa menjadi kemungkinan penyebab buang air besar berdarah. Hal tersebut dikarenakan terjadi peradangan di divertikula yang berada di saluran pencernaan. 

Baca Juga: 5 Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi Alami, Catat!

3. Masalah Pencernaan 

Ada masalah pada sistem pencernaan juga bisa membuat tinja mengeluarkan darah. Untuk memastikan masalah apa yang Anda alami segera cek ke dokter atau tenaga media terdekat. 

4. Fisura Ani 

Penyebab buang air besar berdarah lainnya bisa disebabkan oleh Fisura Ani. Kondisi ini merupakan luka yang berada disekitar anus. 

Selain menyebabkan buang air besar berdarah, fisura ani juga menimbulkan rasa sakit yang membuat tidak nyaman.

 Baca Juga: Leukemia: Pengertian, Gejala, Penyebab dan Pengobatan Leukemia yang Perlu Diketahui

5. Polip dan Kanker

Polip dan Kanker juga bisa menjadi penyebab buang air besar bersarah. Jika kondisi ini dibiarkan, pendarahan akan semakin parah. 

Segera untuk melakukan pemeriksaan ke dokter  jika Anda mengalami pendarahan yang lumayan parah agar kondisi bisa segera membaik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×