Tips Sehat

5 pencegahan virus corona yang harus diterapkan di restoran

Kamis, 23 Juli 2020 | 15:42 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 pencegahan virus corona yang harus diterapkan di restoran

ILUSTRASI. Restoran harus menerapkan protokol kesehatan yang benar agar pencegahan virus corona bisa maksimal dilakukan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus corona baru belum berakhir, tapi banyak kegiatan bisnis termasuk restoran yang beroperasi kembali. Perlu kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan pemilik usaha agar pencegahan virus bisa maksimal.

Mengutip akun Twitter resmi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, @WHO, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pemilik usaha, seperti restoran atau toko. Dengan menerapkan protokol pencegahan, rantai penyebaran virus corona tidak meluas.

Pastikan ruangan memiliki ventilasi udara yang baik

Virus corona bisa menyebar lewat udara. Karena itu, penting bagi pemilik restoran atau toko untuk menjaga ventilasi udara.

Caranya, buka pintu dan jendela restoran jika memungkinkan. Hindari menggunakan pendingin ruangan karena bisa menyebabkan perputaran udara tidak sehat, sehingga bisa mencegah penularan virus corona.

Baca Juga: Diet tanpa nasi ala Aurel Hermansyah dan Nia Ramadhani, mau tahu?

Mengatur jarak

WHO selalu mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak. Pemilik restoran dan toko juga perlu mengatur tempat usahanya untuk mendukung penerapa protokol kesehatan.

Karena itu, aturlah jarak antara staf restoran atau toko, pelanggan, dan pengunjung yang datang.

Membatasi orang-orang yang datang dalam satu waktu juga perlu dipertimbangkan. Pemilik restoran bisa menerapkan aturan pemesanan tempat terlebih dahulu, agar tidak ada penumpukan orang yang datang.

Sediakan Tempat Cucui Tangan

Pencegahan virus corona bisa orang lakukan dengan rajin mencuci tangan. WHO menyarankan, agar restoran atau toko menyediakan tempat mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Jangan lupa juga, untuk menyediakan hand sanitizer yang mudah dijangkau oleh semua orang.

Baca Juga: Cara menghilangkan bruntusan di dahi ini perlu Anda coba

Catat semua data

Pencegahan corona juga perlu pemilik restoran atau toko lakukan dengan mencatat informasi dasar pengunjung atau pelanggan. Ini untuk memudahkan tenaga kesehatan melakukan pelacakan jika ada salah satu orang yang terkena virus corona.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru