kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Pantangan Ibu Hamil yang Penting untuk Dihindari


Rabu, 22 Desember 2021 / 15:34 WIB
5 Pantangan Ibu Hamil yang Penting untuk Dihindari
ILUSTRASI. Anda perlu mengenali makanan dan minuman apa saja yang termasuk dalam daftar pantangan ibu hamil.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Menghindari makanan dan minuman yang termasuk dalam daftar pantangan ibu hamil adalah salah satu cara menjaga kesehatan kandungan. Dengan begitu, kondisi Anda dan janin bisa terus terjaga.

Melansir Healthline, ikan yang mengandung banyak merkuri perlu Anda waspadai. Jumlah merkuri dalam tubuh yang terlalu banyak dapat menurunkan sistem imun tubuh dan mengganggu sistem saraf. Tak hanya itu, merkuri juga bisa menyebabkan masalah pada ginjal dan organ lain.

Selain ikan yang mengandung merkuri, masih banyak jenis makanan dan minuman lain yang sebaiknya tidak Anda konsumsi selama hamil. Jika Anda ragu mengenai menu makan Anda selama hamil, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter, ya.

Alkohol

Alkohol termasuk dalam daftar pantangan ibu hamil. Mengonsumsi alkohol selama hamil dapat mengganggu perkembangan otak bayi, bahkan dapat mengakibatkan keguguran. Selain itu, alkohol juga berpengaruh pada intelektual dan kondisi jantung janin.

Baca Juga: Daftar buah dan sayur yang baik untuk ibu hamil, mau coba?

Kafein

Siapa yang suka minum kopi? Ternyata, minum kopi selama hamil tidak disarankan, lo. Alasannya karena kopi mengandung kafein. Selain kopi, masih banyak jenis makanan dan minuman lain yang mengandung kafein, seperti teh, minuman bersoda, cokelat.

Kafein mudah masuk ke plasenta. Maka dari itu, Anda perlu membatasi konsumsi kafein, bahkan benar-benar menghindarinya. Jika Anda terus mengonsumsi kafein, dikhawatirkan pertumbuhan janin dapat terhambat.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji adalah salah satu pantangan ibu hamil.

Makanan cepat saji atau junk food termasuk pantangan ibu hamil yang perlu Anda hindari. Bukan tanpa alasan, makanan cepat saji mengandung nutrisi yang rendah, tapi memiliki banyak kalori, gula, lemak yang tidak baik untuk kesehatan Anda dan janin.

Selain itu, kandungan-kandungan dalam makanan cepat saji dapat menambah berat badan. Saat berat badan bertambah, risiko berbagai macam penyakit yang mengganggu kondisi kehamilan Anda pun meningkat.

Baca Juga: Begini 5 tanda-tanda keguguran yang dapat Anda alami

Jeroan

Jeroan adalah jenis makanan lain yang sebaiknya tidak Anda konsumsi selama hamil. Apalagi jika kandungan Anda masih berusia trimester pertama. Bukan tanpa alasan, jeroan memiliki banyak vitamin A yang justru bisa mengganggu kesehatan.

Telur mentah

Telur mentah termasuk pantangan ibu hamil.

Healthline menyebutkan, telur mentah tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda karena mengandung bakteri Salmonella. Beberapa gejala yang muncul saat tubuh Anda terinfeksi Salmonella adalah mual, muntah, demam, dan diare.

Meski jarang terjadi, infeksi bakteri Salmonella bisa mengakibatkan kelahiran prematur. Ada banyak jenis makanan yang mengandung telur mentah, misalnya telur urak-arik setengah matang, dan es krim buatan rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×