Daftar buah dan sayur yang baik untuk ibu hamil, mau coba?

Jumat, 03 Desember 2021 | 08:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Daftar buah dan sayur yang baik untuk ibu hamil, mau coba?

ILUSTRASI. Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis sayur yang baik untuk ibu hamil.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengonsumsi buah dan sayur yang baik untuk ibu hamil merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin dalam kandungan bisa terus terpenuhi.

Makan sayur bisa mencegah Anda dari sembelit dan berat badan yang meningkat. Jika berat badan Anda terus bertambah, ada beberapa risiko yang perlu Anda hadapi. Misalnya, persalinan prematur, obesitas pada bayi yang baru lahir, dan lain sebagainya.

Sebelum mengetahui buah dan sayur apa yang perlu Anda konsumsi, jenis makanan lain juga tak boleh Anda lupakan selama hamil. Usahakan untuk mengonsumsi susu dan produk olahan susu lainnya saat hamil supaya kebutuhan kalsium terpenuhi.

Tak hanya itu, makan produk olahan susu juga mampu mencukupi kebutuhan magnesium, vitamin B, fosfor, dan zinc yang penting untuk tubuh. Supaya kesehatan Anda selama kehamilan semakin terjaga, cobalah untuk mengonsumsi rekomendasi sayur dan buah yang baik untuk ibu hamil ini.

Alpukat

Selain bayam dan kacang-kacangan, alpukat juga termasuk dalam makanan yang baik untuk ibu hamil. Mengutip dari Mustela (mustelausa.com), alpukat kaya akan lemak sehat, potasium, dan folat yang berguna untuk perkembangan kulit dan otak bayi.

Baca Juga: Waspada, pantangan asam lambung bisa dari 5 makanan ini

Buah Beri

Buah beri tidak boleh ketinggalan dari daftar makanan sehat ibu hamil. Jenis buah ini mengandung banyak air, antioksidan, serat, dan vitamin C yang membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan lebih baik.

Saat Anda mengonsumsi buah beri secara rutin, kesehatan kulit dan daya tahan tubuh bayi akan menjadi lebih baik pula. Cobalah untuk mengonsumsi buah beri sebagai camilan. Selain membuat kenyang, buah beri juga dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi.

Kentang

Selama hamil, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi kentang. Vitamin C dan vitamin A adalah beberapa nutrisi yang bisa Anda temukan dalam jenis makanan itu. Supaya efeknya bisa maksimal, cobalah untuk mengonsumsi kentang bersama dengan kulitnya, ya.

Bayam

Bayam termasuk salah satu sayur yang baik untuk ibu hamil.

Mustela mengatakan bahwa bayam adalah sayur yang baik untuk ibu hamil. Bahan alami tersebut mengandung banyak vitamin B dan folat yang berguna untuk menjaga kesehatan janin dan mencegah kerusakan pada sumsum tulang belakang dan otaknya.

Baca Juga: Membantu meredakan diabetes, ini 7 manfaat daun sirih merah sebagai obat herbal

Brokoli

Salah satu sayur yang baik untuk ibu hamil adalah brokoli.

Brokoli adalah jenis sayuran berikutnya yang cocok untuk Anda konsumsi selama hamil. Jenis sayur itu memiliki banyak gizi, seperti vitamin A, asam folat, vitamin C, dan lain sebagainya. Anda bisa mengonsumsi brokoli dalam keadaan mentah, misalnya dengan mengolahnya menjadi salad.

Kacang-Kacangan

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya yang perlu Anda konsumsi adalah kacang-kacangan. Jenis makanan ini mengandung banyak serat, zat besi, protein, dan nutrisi penting lainnya yang Anda butuhkan selama kehamilan.

Selanjutnya: Daftar harga HP Xiaomi terbaru dari lini Redmi, per Desember 2021

Editor: Belladina Biananda
Terbaru