kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,11   -7,25   -0.78%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Pantangan diabetes ini perlu Anda hindari, apa saja?


Selasa, 01 Juni 2021 / 14:10 WIB
5 Pantangan diabetes ini perlu Anda hindari, apa saja?
ILUSTRASI. Ada banyak pantangan diabetes yang sebaiknya Anda hindari. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara mengatasi diabetes yang bisa Anda lakukan. Mulai dari rajin olahraga, mengonsumsi obat yang disarankan dokter, hingga menghindari berbagai macam pantangan diabetes. Dengan melakukan kebiasaan sehat itu secara rutin, jumlah gula darah dalam tubuh dapat lebih terkontrol.

Diabetes yang tidak teratasi dengan tepat dapat meningkatkan risiko penyakit yang lain. misalnya, penyakit jantung, penyakit ginjal, gangguan pada sistem saraf, dan lain-lain. Nah, menghindari jenis makanan tertentu jadi salah satu cara efektif harga risiko penyakit itu tak terjadi.

Namun, perlu diingat bahwa Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengubah menu makan yang Anda konsumsi sehari-hari. Termasuk jika Anda ingin menghindari beberapa jenis makanan berikut ini.

Kentang Goreng

Apakah Anda gemar mengonsumsi kentang goreng? Jika iya, Anda perlu berhati-hati karena jenis makanan itu tidak baik untuk jumlah gula darah dalam tubuh karena mengandung banyak lemak dan karbo. Jika Anda ingin mengonsumsi kentang, cobalah untuk mengolahnya dengan cara yang lebih sehat.

Baca Juga: Ini 6 cara menghilangkan rasa nyeri asam urat dengan cepat

Soda

Minuman bersoda termasuk salah satu pantangan diabetes yang perlu Anda hindari. Mengutip dari Eatthis.com, mengonsumsi minuman bersoda selama 10 menit mengakibatkan 10 sdt gula mengganggu sistem tubuh. Hal itu tentu saja tak baik untuk jumlah gula darah dalam tubuh Anda.

Jus Jeruk

Jus jeruk juga termasuk salah satu jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meski memiliki banyak vitamin C, jus jeruk memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Umumnya, satu gelas jus jeruk mengandung 36 g gula yang tak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Asam urat dan kolesterol tinggi berkaitan erat, begini penjelasannya

Keripik Kentang

Keripik kentang termasuk salah satu pantangan diabetes yang perlu Anda waspadai.

Keripik kentang merupakan salah satu jenis makanan ringan yang memiliki rasa lezat. Sayangnya, kelezatan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Eatthis.com mengatakan bahwa keripik kentang dipenuhi dengan garam dan lemak yang dapat membuat jumlah gula darah melonjak.

Minyak Sayur

Anda perlu berhati-hati terhadap minyak sayur karena jenis minyak itu termasuk dalam daftar pantangan diabetes. Bukan tanpa alasan, minyak sayur tak baik untuk tubuh karena memiliki banyak lemak trans. Cobalah untuk mengganti minyak sayur dengan jenis minyak yang lain, misalnya minyak zaitun.

Selanjutnya: 10 Makanan terbaik untuk mengontrol diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×