5 Opsi moisturizer untuk kulit kering ini dari bahan alami

Rabu, 10 November 2021 | 08:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Opsi moisturizer untuk kulit kering ini dari bahan alami

ILUSTRASI. Madu merupakan salah satu bahan alami yang bisa dipakai sebagai moisturizer untuk kulit kering.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tipe kulit apa pun membutuhkan pelembab, apalagi pemilik tipe kulit kering. Selain memakai produk yang dijual di pasaran, moisturizer untuk kulit kering juga bisa Anda dapatkan dari memanfaatkan bahan-bahan alami.

Kulit kering yang tak terawat bisa meningkatkan risiko infeksi yang mana tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Beberapa bahan alami di bawah ini tak hanya melembabkan kulit, tapi juga mampu menjaga kulit supaya tetap sehat.

Supaya efek samping yang tak Anda inginkan muncul, diharap Anda melakukan uji coba dulu. Hentikan pemakaian apabila muncul reaksi alergi. Namun, jika tidak ada iritasi apa pun yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaiannya.

Madu

Madu merupakan salah satu jenis bahan alami yang cukup sering dijadikan pelembab kulit kering. Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), Anda perlu menggosokkan madu pada kulit secara perlahan. Setelah 10 menit, bersihkan sisa madu menggunakan air hangat. Usahakan untuk melakukannya setiap hari.

Baca Juga: Anda cari obat panu? Manfaatkan 5 bahan alami ini, yuk

Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk moisturizer untuk kulit kering.

Bukan lagi jadi rahasia bila lidah buaya dijadikan moisturizer untuk kulit kering. Caraya, aplikasikan gel lidah buaya pada kulit, baik gel yang dijual di pasaran atau gel dari tanaman lidah buaya langsung. Diamkan sampai kering kemudian bilas air menggunakan air bersuhu normal.

Pepaya

NDTV Food merekomendasikan pepaya sebagai salah satu cara melembabkan kulit. Untuk memaksimalkan efeknya, campur daging buah pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu. Aduk rata kemudian aplikasikan di kulit selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Kebiasan ini bisa membuat kulit wajah cerah alami

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa jadi moisturizer untuk kulit kering.

Minyak zaitun merupakan bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan moisturizer untuk kulit kering. Selain menghidrasi kulit dengan baik, masih banyak manfaat minyak zaitun lain yang bisa Anda dapat.

Jenis minyak itu mengandung banyak antioksidan yang efektif memperbaiki kerusakan sel kulit. Tidak berhenti sampai di situ, minyak zaitun juga bisa mencegah keriput dan garis halus. Caranya, oleskan minyak zaitun pada kulit kemudian diamkan selama semalaman.

Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga cocok dijadikan pelembab kulit kering, lo. Setiap malam, oleskan minyak kelapa di kulit, apalagi bagian-bagian yang lebih mudah kering, seperti lutut atau siku. Diamkan selama semalaman kemudian bersihkan memakai air.

Selanjutnya: Kurs dollar-rupiah di BCA hari ini Rabu 10 November 2021, intip sebelum tukar valas

Editor: Belladina Biananda
Terbaru