5 Cara mencegah jerawat ini membuat kulit Anda terawat

Selasa, 09 November 2021 | 15:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mencegah jerawat ini membuat kulit Anda terawat

ILUSTRASI. Anda sebaiknya melakukan cara mencegah jerawat dengan teratur.

KONTAN.CO.ID - Kelenjar minyak yang terlalu aktif dan pori-pori kulit yang tersumbat merupakan penyebab jerawat. Supaya kesehatan kulit terjaga, ada beberapa cara mencegah jerawat yang sebaiknya Anda coba.

Sebenarnya, jerawat bisa muncul di bagian kulit mana pun. Namun, jerawat lebih sering muncul di kulit wajah. 

Hal penting pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan kulit. Pastikan kulit wajah Anda bersih dari keringat, kotoran, dan minyak berlebih. Caranya adalah dengan rutin mencuci wajah, minimal dua kali dalam sehari.

Selain rajin menjaga kebersihan, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan sebagai untuk mencegah kemunculan jerawat. Mulai dari memilih produk perawatan yang sesuai dengan tipe kulit, hingga menjaga kelembaban kulit.

Jaga kelembaban kulit

Menjaga kelembab kulit merupakan hal penting untuk Anda lakukan. Tapi, pastikan untuk memilih pelembab yang benar, ya. Cobalah untuk memakai pelembab non comedogenic dan tidak mengandung pewangi supaya kulit tidak iritasi.

Baca Juga: Tahukah Anda ini buah apa? Kenali 5 Manfaatnya untuk wajah

Minum air putih

Selain melembabkan kulit dari luar, Healthline menyarankan Anda untuk melembabkan kulit dari dalam, yaitu dengan minum banyak air putih. Saat dehidrasi, tubuh akan mengirim sinyal supaya produksi minyak kulit meningkat. Nah, hal itulah yang membuat jerawat muncul.

Hindari paparan sinar matahari

Memakai sunscreen termasuk salah satu cara mencegah jerawat.

Cara mencegah jerawat berikutnya adalah dengan menghindari paparan sinar matahari. Saat terpapar sinar matahari, kulit berisiko mengalami dehidrasi yang meningkatkan produksi minyak.

Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk selalu memakai sun screen yang sesuai dengan tipe kulit yang Anda miliki.

Baca Juga: Begini cara hilangkan kriput pada wajah dengan kunyit

Kenali tipe kulit Anda

Mengenali tipe kulit memudahkan Anda untuk mencari produk perawatan kulit mana yang tepat untuk Anda gunakan. Misalnya, produk perawatan untuk pemilik tipe kulit berminyak tentu saja berbeda dengan produk perawatan yang diperlukan pemilik tipe kulit kering atau kombinasi.

Kurangi stres

Selanjutnya, mengurangi stres termasuk salah satu cara mencegah jerawat. Saat stres, tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon yang dapat meningkatkan produksi minyak.

Ada banyak cara mengelola stres dengan baik untuk Anda. Mulai dari yoga, meditasi, hingga kegiatan relakasasi yang lain.

Selanjutnya: Sebanyak 102 fintech lending sudah terintegrasi pusdafil OJK

Editor: Belladina Biananda
Terbaru