5 Obat Sariawan Anak Alami yang Bisa Anda Coba Dirumah

Minggu, 25 September 2022 | 12:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Obat Sariawan Anak Alami yang Bisa Anda Coba Dirumah

KONTAN.CO.ID - Sariawan bisa menyerang orang dewasa hingga anak-anak sekalipun. Khususnya bagi anak-anak, ada beberapa obat sariawan anak berbahan alami yang bisa Anda coba dirumah dan relatif mudah untuk didapatkan.

Sariawan kerap menimbulkan rasa sakit yang membuat anak menjadi susah atau tidak mau makan. Hal tersebut tentu dapat membahayakan kesehatan sang anak. Untuk itu, tak ada salahnya mencobat makanan dan minuman yang bisa dijadikan obat sariawan untuk anak-anak.

Umumnya, sariawan pada anak disebabkan saat lidah, gusi, atau bagian mulut lainnya tidak sengaja tergigit. Selain itu, sariawan pada anak juga bisa disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga hingga kekurangan vitamin.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Pekan 11 Borneo FC vs Madura United 1 Oktober 2022

Melansir dari Very Well Health, ada beberapa obat sariawan anak berbahan alami yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Es Batu

Es batu adalah salah satu obat sariawan anak yang bisa Anda coba. Es batu dapat mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Cobolah untuk memeberikan es batu untuk dihisap sang anak. Namun, pastikan tidak mengunyahkan supaya tidak merusak gigi sang anak.

Minyak Zaitun

Selain es batu, minyak zaitun juga merupakan obat sariawan anak berbahan alami. Minyak zaitun memang dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya termasuk mengobati sariawan anak.

Baca Juga: Coba 6 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Rendah, Catat!

Teh Herbal

Obat sariawan anak berbahan alami selanjutnya adalah teh herbal. Mengkonsumsi teh herbal dipercaya dapat meredakan sariawan pada anak. Namun, pastikan Anda memilih teh herbal yang tidak mengandung kafein berlebihan.

Air Hangat

Salah satu alternatif lain mengatasi sariawan pada anak, bisa dengan mengkonsumsi air hangat. Pasalnya, air hangat merupakan salah satu obat sariawan anak yang cukup efektif. Caranya, minta anak untuk berkumur menggunakan air hangat setelah mengkonsumsi makanan, sehingga tidak ada bakteri yang menempel di mulut.

Baca Juga: 9 Cara Memakai Kondom dengan Benar, Perhatikan!

Buah

Obat sariawan anak yang tak boleh terlewatkan adalah buah. Terdapat beberapa jenis buah yang bisa mengobati sariawan anak loh, di antaranya semangka. Pasalnya, semangka mengandung banyak air yang bisa membuat rasa sakit akibat sariawan menjadi lebih ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru