5 Obat Sakit Gigi Berbahan Alami yang Bisa Jadi Alternatif Di Rumah

Selasa, 12 Juli 2022 | 14:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Obat Sakit Gigi Berbahan Alami yang Bisa Jadi Alternatif Di Rumah

ILUSTRASI. Obat sakit gigi berbahan alami.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sakit gigi adalah gangguan kesehatan yang dapat menimbulkan gejala yang tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat beberapa obat sakit gigi berbahan alami yang bisa dijadikan alternatif Anda di rumah. 

Umumnya, sakit gigi menimbulkan banyak gejala seperti rasa sakit, pusing, mual, demam dan masih banyak lagi. Selain itu, sakit gigi juga Anda membuat Anda kesulitan untuk makan. 

Penyebab sakit gigi dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya, seperti pembusukan gigi, kebersihan gigi yang kurang terjaga dan lain-lain.

Baca Juga: Masih Ada Daging Kurban? Simak Resep dan Cara Membuat Sate Kambing Ala Chef Devina  

Oleh sebab itu selain mengkonsumsi obat, untuk mencegah sakit gigi Anda perlu rajin menggosok atau membersihkan gigi. Sehingga gigi tetap bersih dan sehat. 

Lantas apa saja obat sakit gigi berbahan alami yang bisa dikonsumsi? 

Melansir dari Dabur, berikut beberapa obat sakit gigi berbahan alami yang bisa jadi alternatif, di antaranya: 

Garam

Garam adalah salah satu bahan alami yang dapat dijadikan obat sakit gigi. Pasalnya, garam mengandung asam laktat yang mampu melawan infeksi bakteri. 

Caranya juga relatif mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu berkumur menggunakan air garam kurang lebih sehari dua kali. 

Bawang Putih 

Obat sakit gigi alami selanjutnya Anda bisa memanfaatkan bawang putih. Hal tersebut dikarenakan mengandung antibiotik sehingga meredakan rasa sakit.

Baca Juga: 5 Olahraga Mudah yang Efektif Menurunkan Berat Badan, Yuk Coba

Bawang Merah

Selain bawang putih, obat sakit gigi berbahan alami lainnya juga bisa menggunakan bawang merah. Bawang merah mengandung antiseptik dan antibakteri yang cukup efektif melawan infeksi akibat kuman dan meredakan rasa sakit. 

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga bisa Anda gunakan sebagai obat sakit gigi berbahan alami. Daun jambu biji mengandung antiinflamasi dan antimikroba yang efektif mencegah infeksi di bagian gigi dan gusi.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Kanker Prostat yang Perlu Anda Waspadai

Timun

Obat sakit gigi berbahan alami yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya yaitu timun. Kandungan dalam timun mampu menghambat aliran darah menuju gigi, sehingga dapat mengurangi rasa sakit gigi. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda bisa mencampur timun dan perasan air lemon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru