kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Ciri-Ciri Kanker Prostat yang Perlu Anda Waspadai


Selasa, 12 Juli 2022 / 04:48 WIB
5 Ciri-Ciri Kanker Prostat yang Perlu Anda Waspadai
ILUSTRASI. Ciri-ciri kanker prostat.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Kanker prostat adalah salah satu penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai karena berkaitan dengan organ reproduksi pria. Oleh sebab itu, ada beberapa ciri-ciri kanker prostat yang perlu Anda ketahui dan waspadai. 

Penyebab kanker prostat dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari usia, gaya hidup, genetik dan masih banyak lagi faktornya yang dapat memicu kanker prostat.

Karena kanker prostat berkembang sangat lambat, gejala biasanya tidak muncul sampai kanker mencapai stadium lanjut. Konon, banyak dari tanda dan gejala ini dapat dikaitkan dengan penuaan atau masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Kulit, Mampu Menyamarkan Noda Hitam Loh

Prostat membungkus uretra dan membantu menghasilkan air mani, sehingga masalah buang air kecil atau ejakulasi mungkin dikacaukan dengan kanker prostat. 

Dengan kata lain, memiliki satu atau lebih dari gejala-gejala ini tidak berarti Anda secara otomatis menderita kanker prostat. Sebaliknya, itu harus meminta kunjungan ke ahli urologi untuk evaluasi lebih lanjut.

Lantas apa saja ciri-ciri kanker prostat?

Melansir dari Integris Health, terdapat beberapa ciri-ciri kanker prostat yang perlu Anda waspadai, di antaranya: 

Kesulitan Buang Air Kecil

Salah satu ciri-ciri kanker prostat adalah kesulitan untuk buang air kecil. Hal tersebut adalah gejala umum yang kerap dialami para pria. Selain itu, jika stadium kanker yang lebih lanjut dapat menyebabkan prostat menekan uretra, sehingga sulit untuk memulai atau menghentikan aliran urin.

Sering Buang Air Kecil

Seperti yang dikatakan di atas, jika kondisi stadium kanker semakin memburuk Anda akan kesulitan untuk memulai dan menghentikan aliran urin. Artinya, frekuensi buang air kecil Anda akan menjadi lebih sering. 

Hal tersebut dikanarekan kanker prostat bisa menjadi cukup besar di mana mereka menekan kandung kemih dan uretra, memberi Anda sensasi untuk sering buang air kecil. Perasaan ini mungkin lebih jelas di malam hari.

Baca Juga: 7 Obat Alami yang Ampuh Mengatasi Sakit Maag, Simak!

Sakit Saat Buang Air Kecil

Sel-sel kanker di prostat dapat berdampak pada saraf dan otot di sekitarnya. Hal tersebut dapat menyebabkan buang air kecil terasa menyakitkan yang juga dapat menjadi ciri-ciri kanker prostat yang perlu Anda waspadai. 

Darah Dalam Urin

Hematuria, nama medis untuk darah dalam urin, dapat berasal dari iritasi kandung kemih yang disebabkan oleh kanker prostat. Oleh sebab itu, jika terdapat darah di dalam urin Anda, segeralah untuk memerikan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Baca Juga: Baik Untuk Kesehatan Tulang, Kenali 7 Manfaat Mengkonsumsi Buncis Lainnya

Masalah Kesehatan Seksual

Ciri-ciri kanker prostat lain adalah munculnya masalah dalam kesehatan seksual Anda. Khususnya saat ejakulasi.

Ejakulasi akan terasa menyakitkan, disfungsi ereksi dan darah dalam air mani bisa menjadi beberapa hal, termasuk penyakit menular seksual atau masalah psikologis. Hal tersebut yang dapat menjadi ciri-ciri kanker prostat dan perlu diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×