Kesehatan Umum

5 obat pembersih pembuluh darah dari bahan alami

Jumat, 14 Agustus 2020 | 12:52 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 obat pembersih pembuluh darah dari bahan alami

ILUSTRASI. Apel bisa jadi salah satu obat pembersih pembuluh darah dari bahan alami.

KONTAN.CO.ID - Darah adalah komponen penting dalam tubuh. Fungsi darah adalah mengedarkan oksigen, hormon, lemak, hingga sel dari sistem imun. Ada bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat pembersih pembuluh darah.

Ginjal dan hati dalam tubuh sudah mampu menyaring darah dan memisahkan bahan-bahan yang tidak dibutuhkan. Obat pembersih pembuluh darah dari bahan alami bisa Anda konsumsi untuk kesehatan ginjal dan hati agar bekerja maksimal.

Dkutip dari Healthline, berikut bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat pembersih pembuluh darah: 

Air

Obat pembersih pembuluh darah pertama adalah air. Healthline menyebutkan, ginjal bisa berfungsi maksimal jika Anda mengonsumsi cukup air. Air membantu ginjal mengeliminasi kotoran dari tubuh.

Baca Juga: 4 minuman penurun berat badan terbaik

Air juga bisa membantu pembuluh darah untuk bergerak bebas. Kekurangan air putih bisa menyebabkan dehidrasi dan masalah pada ginjal.

Umumnya, manusia membutuhkan delapan gelas air setiap hari. Namun, jumlah tersebut bisa berbeda tergantung dari kondisi seseorang.

Kopi

Kopi bisa jadi salah satu obat pembersih pembuluh darah. Minum kopi bisa menurunkan resiko sirosis seseorang yang menderita penyakit hati kronis.

Tak hanya itu, kopi juga bisa mengurangi risiko kanker dan meningkatkan respons terhadap antivirus pada penderita hepatitis C. Sebab, kemampuan kopi mencegah penumpukan lemak dan kolagen dalam hati.

Baca Juga: Tips memilih alat tensi darah digital

Editor: Belladina Biananda


Terbaru