5 Obat Diare Anak Berbahan Alami dan Mudah Dicari, Catat!

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:12 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Obat Diare Anak Berbahan Alami dan Mudah Dicari, Catat!

ILUSTRASI. Air kelapa adalah salah satu bahan alami yang bisa dijadikan obat diare anak.


KONTAN.CO.ID - Mengonsumsi obat diare anak berbahan alami adalah salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan. Cukup banyak pilihan obat diare anak berbahan alami yang mudah untuk dicari karena banyak dijual di pasaran.

Meski berbahan alami, obat diare anak tersebut cukup ampuh untuk mengatasi diare pada anak. Namun, tak ada salahnya juga jika Anda berkonsultasi dengan dokter jika diare sang anak tidak kunjung membaik.

Peran orangtua sangat penting jika anak mengalami diare. Sebab, diare pada anak juga dapat menyebabkan dehidrasi sama seperti orang dewasa.

Jika sang anak mengalami dehidrasi akibat diare, biasanya akan ditandai dengan frekeunsi buang air kecil yang berkurang atau mulut menjadi kering.

Di situlah peran orangtua penting untuk menjaga asupan cairan tubuh sang anak supaya diare tidak semakin memburuk.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Paru-Paru dengan Memanfaatkan Bahan Alami

Lalu, apa saja obat diare anak berbahan alami?

Melansir dari Firtscry, berikut beberapa obat diare anak berbahan alami:

Air kelapa

Air kelapa bisa anda manfaat menjadi obat diare anak, lo. Selain dapat mengatasi diare, mengonsumsi air kelapa juga efektif untuk mencegah dehidrasi.

Air kelapa juga mempunyai rasa yang lumayan lezat untuk diminum.

Lemon

Obat diare anak selanjutnya Anda bisa memanfaatkan lemon. Pasalnya, lemon mengandung banyak antiinflamasi dan antibakteri yang efektif melawan bakteri.

Selain itu, mengonsumsi lemon juga dapat membantu menyeimbangkan kembali pH tubuh sang anak.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Daun Kelor, Dari Jaga Kesehatan Ginjal Hingga Turunkan Risiko Kanker

Apel

Selain lemon, apel juga dipercaya mampu membantu mengatasi diare yang dialami anak-anak. Apel mengandung banyak nutrisi dan serat yang baik untuk sistem pencernaan.

Pisang

Obat diare anak yang tidak boleh terlewatkan adalah pisang. Pisang dikenal sebagai salah satu buah yang dapat memberikan energi akibat diare.

Bukan cuma itu, pisang juga termasuk buah yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, serat, vitamin C, kalsium, magnesium, dan berbagai nutrisi lainnya.

Wortel

Perlu Anda ketahui, wortel juga bisa dijadikan obat diare anak. Sama halnya seperti pisang, wortel mampu mengembalikan energi yang hilang akibat diare.

Anda bisa mengolah wortel menjadi jus untuk diberikan kepada sang anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru