6 Cara Membersihkan Paru-Paru dengan Memanfaatkan Bahan Alami

Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:03 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Cara Membersihkan Paru-Paru dengan Memanfaatkan Bahan Alami

ILUSTRASI. Cara membersihkan paru-paru


KONTAN.CO.ID - Salah satu cara alternatif membersihkan paru-paru adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain mempunyai khasiat untuk membersihkan paru-paru, bahan alami juga umumnya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan lainnya serta biasaya minim efek samping.

Selain itu, bahan-bahan alami untuk membersihkan paru-paru juga relatif mudah untuk didapatkan karena rata-rata banyak dijual di pasaran.

Agar kondisi paru-paru Anda tetap terjaga disarankan untuk tidak hanya mengkonsumsi bahan-bahan alami saja. Melainkan juga untuk berhenti merokok.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Ada Pertandingan Brentford vs Man United

Pasalnya, merokok atau asap rokok dapat memperburuk kondisi paru-paru atau saluran pernapasan hingga kesehatan tubuh lainnya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga dan menjaga asupan makanan agar kesehatan dan kebersihan paru-paru tetap terjaga.

Melansir dari ETimes, ada beberapa cara membersihkan paru-paru dengan memanfaatkan bahan alami di antaranya:

Bawang Putih

Salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan paru-paru adalah dengan mengkonsumsi bawang putih.

Meski bawang putih memiliki aroma dan rasa yang kurang sedap, bawang putih mengandung banyak antibiotik yang efektif melawan infeksi di saluran pernapasan termasuk membersihkan paru-paru.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Big Match Pekan 4 Bali United Vs Arema FC

Kunyit

Kunyit adalah rempah yang dikenal mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya dapat membantu membersihkan paru-paru. 

Rutin mengkonsumsi kunyit dapat membantu meredakan peradangan dan penyumbatan di saluran pernapasan khususnya paru-paru.

Bluberi

Mengkonsumsi bluberi juga baik untuk kesehatan paru-paru loh. Pasalnya, bluberi mengandung banyak antioksidan yang mampu meningkatkan imunitas dan baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Suka Makanan Pedas? Waspada 5 Makanan Penyebab Sariawan Ini

Teh Hijau

Dilansir dari ETimes, cara membersihkan paru-paru selanjutnya Anda bisa memanfaatkan teh hijau untuk dikonsumsi. 

Pasalnya, teh hijau mengandung banyak polifenol yang berfungsi sebagai antiinflamasi yang dapat meredakan dan mengatasi masalah di saluran pernapasan termasuk membersihkan paru-paru.

Apel

Selain bluberi, mengkonsumsi buah apel juga dapat dijadikan cara untuk membersihkan paru-paru. Dilansir dari ETimes mengkonsumsi apel secara rutin mampu menjaga kesehatan paru-paru secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Jahe

Cara membersihkan paru-paru yang tidak boleh terlewatkan adalah mengkonsumsi jahe. Salah satu jenis rempah ini mengandung banyak nutrisi penting yang efektif membersihkan zat racun di dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi jahe juga mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru