kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat temulawak untuk kesehatan, bisa cegah kanker


Kamis, 28 Januari 2021 / 12:27 WIB
5 Manfaat temulawak untuk kesehatan, bisa cegah kanker
ILUSTRASI. Salah satu manfaat temulawak adalah mencegah pertumbuhan sel kanker.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Temulawak adalah salah satu tanaman herbal di Indonesia yang memiliki segudang manfaat karena mengandung banyak nutrisi penting. Mulai dari curcumin, mineral, hingga protein.

Untuk mendapat manfaat temulawak, Anda perlu mengonsumsinya secara rutin. Mengutip dari DrHealthBenefits.com, temulawak mengandung antiinflamasi sehingga cocok digunakan oleh penderita artritis.

Kandungan tersebut mampu mencegah perpindahan sel leukosit ke area peradangan. Antiinflamasi juga berguna untuk mencegah pembentukan dan perpindahan mediator inflamasi.

Tentu saja, manfaat yang bisa Anda dapat tidak berhenti sampai di situ. Masih banyak efek temulawak lain yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Mengonsumsi temulawak bisa meningkatkan produksi empedu sehingga kesehatan sistem pencernaan menjadi terjaga. Selain itu, temulawak dapat dimanfaatkan untuk mengatasi perut kembung, penumpukan gas, dan gangguan pencernaan yang lain.

Baca Juga: 7 Manfaat kunyit asem untuk kesehatan

Menurunkan kolesterol

Manfaat temulawak selanjutnya adalah mampu mengontrol jumlah lemak dalam darah. Dengan mengonsumsi temulawak, jumlah kolesterol jahat akan berkurang, sedangkan jumlah HDL meningkat.

Artinya, kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular Anda pun dapat terjaga.

Mencegah kanker

Melansir DrHealthBenefits.com, curcumin dalam temulawak bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker prostat dan berpotensi mencegah pertumbuhan sel kanker lain. Kandungan dalam temulawak mampu mencegah pembuluh darah yang menyuplai sel kanker.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan pun menguatkan sel lain agar terhindar dari sel kanker. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan manfaat temulawak tersebut.

Baca Juga: Catat! Ini 10 manfaat lengkuas untuk kesehatan

Mengatasi asma

Salah satu manfaat temulawak adalah mengatasi gejala sakit asma.

Apakah Anda mengalami asma? Jika iya, cobalah untuk mengatasinya dengan temulawak.

Caranya, bersihkan ½ temulawak lalu potong menjadi ukuran yang lebih kecil. Setelah itu, rebus dengan 5 gelas air. Anda bisa menambahkan gula aren agar rasanya lebih enak.

Anda perlu merebus temulawak hingga jumlah air menjadi setengah dari ukuran awal. Selanjutnya, konsumsi air rebusan temulawak itu sebanyak tiga kali dalam sehari. Cobalah untuk melakukannya secara rutin agar asma bisa teratasi dengan baik.

Mengatasi kelelahan otot

Selain mengatasi asma, temulawak juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kelelahan otot. Jadi, jenis bahan alami ini cocok dikonsumsi bagi Anda yang baru saja melakukan olahraga berat atau aktivitas fisik lainnya yang menguras tenaga.

Selanjutnya: Manfaat temulawak sebagai obat herbal untuk batuk sampai kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×