Tips Sehat

Catat! Ini 10 manfaat lengkuas untuk kesehatan

Senin, 18 Januari 2021 | 11:29 WIB Sumber: Kompas.com
Catat! Ini 10 manfaat lengkuas untuk kesehatan

ILUSTRASI. Ilustrasi. Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh Anda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lengkuas rempah-rempah yang populer di tanah air. Selain jadi bumbu dapur, ini manfaat lengkuas sebagai obat herbal. 

Lengkuas, salah satu bumbu dapur yang memiliki aroma yang khas. Lengkuas cukup mudah ditemui di pasar tradisional dan juga pasar modern. 

Baca Juga: Ini manfaat konsumsi kunyit asem untuk kesehatan tubuh Anda

Sedangkan, tanaman lengkuas mudah dijumpai di kebun atau halaman rumah. Tidak heran, selain jadi bumbu masak lengkuas juga bermanfaat sebagai obat herbal. 

Asal tahu saja, lengkuas kerab digunakan sebagai sebagai bahan baku obat herbal sejak dahulu kala.  

Kandungan kimia lengkuas 

Melansir Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia yang diterbitkan Balai Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Balitbangkes Kemenkes pada 2011, bagian dari tanaman lengkuas yang digunakan adalah rimpangnya. 

Rimpang lengkuas tersebut mengandung minyak atsiri lebih kurang 1% dengan komponen utama: 

  • Kamfer 
  • Sineol 
  • Asam metal sinarmat 
  • Minyak atsiri ini akan muncul jika rimpang lengkuas diiris atau ditumbuk. 

Sementara itu, dalam Buku Tanaman Obat Tradisional Volume 2 (1992) karya Thomas A. N. S., dijelaskan lengkuas tak hanya mengandung minyak atsiri. Lengkuas juga mengandung senyawa kimia, berikut ini: 

  • Minyak terbang 
  • Eugenol 
  • Seskuiterpen 
  • Pinen 
  • Metil sinamat 
  • Kaemferida 
  • Galangan 
  • Galangol 
  • Kristal kuning 

Manfaat kesehatan lengkuas 

Oleh karena senyawa kimia yang dikandung, lengkuas pun dianggap memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Berikut beberapa di antaranya: 

1. Membangkitkan gairah seks 

Menurut Thomas A. N. S. dalam bukunyaTanaman Obat Tradisional Volume 2, lengkuas dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk membangkitkan gairah seks. 
Cara penggunaannya, yakni: 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari dan 3 rimpag halia sebesar ibu jari diparut dan diperas untuk diambil airnya. 2 buah jeruk nipis dibelah dan diperas untuk diambil airnya. 

Dua bahan tersebut dioplos dengan menambahkan juga bahan 1 sendok teh merica, 1 sendok teh garam dan 1 ragi tape dan ½ gelas air masak sampai merata.

2. Membangkitkan nafsu makan 

Selain itu, Thomas A. N. S. menyatakan dalam bukunya, lengkuas juga bermanfaat untuk membangkitkan nafsu makan. Cara penggunaan lengkuas untuk khasiat tersebut, yakni: 

Cara 1 
1 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 buah mengkudu mentah, ½ rimpang kencur sebesar ibu jari, ½ sendok teh bubuk ketumbar, 1 siung bawang putih, 3 mata buah asam jawa yang masa, 1 potong gula merah, jakeling, jalawe dan jarahab disebus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. 
 
Diminum 2 kali sehari ½ gelas pada pagi dan sore hari 

Cara 2 
1 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 1 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 pohon tumbuhan meniran, dan sedikit adas pulawaras direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Diminum 3 kali sehari 

3. Mengobati rematik 

Thomas A. N. S, menyatakan lengkuas juga memiliki khasiat dan manfaat kesehatan untuk pengobatan rematik. Cara membuat ramuan obat tersebut, yakni: 

Cara 1 
2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari diparut dan diperas untuk diambil airnya Telur ayam kampung mentah dipecah untuk diambil kuningnya. Kemudian dua bahan tersebut dioplos sampai merata Diminum 1 kali sehari 

Cara 2 
3 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, ½ sendok the bubuk merica, 1 potong gula merah, 2 gelas air santan kelapa direbus bersama-sama hingga airnya tinggal 1 gelas. Minum sedikit demi sedikit selama seminggu 

4. Mengatasi bronkitis 

Thomas A. N. S. dalam bukunya mengugkapkan, rimpang lengkuas dapat digunakan sebagai tanaman herbal untuk mengatasi penyakit bronkhitis. Cara penggunaan lengkuas untuk pemanfaatan tersebut, yakni: 

Tumbuk halur rimpang lengkuas, temulawak, dan halia masing-masing 2 rimpang sebesar ibu jari, keningar, 1 genggam daun pecut kuda, ½ genggam daun iler, dan kayu manis secukupnya. 

Rebus hasil tumbukan bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore 

5. Mengatasi campak 

Dalam bukunya, Thomas A. N. S. menyatakan, lengkuas dapat juga dipakai untuk mengatasi morbili atau campak. Berikut caranya: 

Parut 4 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 1 sendok teh minyak kayu putih, dan 2 sendok teh minya gondopura. 

Campurkan hasil parutan tersebut untuk kemudian dioleskan pada bintik-bintik yang timbul akibat campak. 

6. Obati sakit limpa 

Thomas A. N. S. menuliskan dalam bukunya, lengkuas dapat dimanfaatkan untuk obat limpa. Berikut cara memanfaatkannya: 

Rebus 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang temulawak sebesar ibu jari, dan 1 genggam daun maniran dengan 3 gelas air sampai mendidih. Ramuan tersebut diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pada pagi dan sore hari. 

7. Antibakteri dan antijamur 

Sementara itu, menurut B2P2TOOT Tawangmangu, Karanganyar, minyak atsiri pada rimpang lengkuas mempunyai aktivitas sebagai antibakter dan antijamur. 

8. Obati panu dan kutu air 

B2P2TOOT Tawangmangu juga menyatakan, masyarakat pedesaan secara empiris telah menggunakan irisan temulawak untuk mengobati panyakit panu dan kutu air di kulit. 

9. Mengobati demam 

B2P2TOOT Tawangmangu mengungkap, perasan lengkuas merah yang ditambah dengan madu dapat digunakan untuk mengobati demam. 

10. Mengurangi stretch mark setelah bersalin
 
Lengkuas merah yang ditumbuk dan dicampur tepung beras, menurut B2P2TOOT Tawangmangu, dapat digunakan sebagai “tapal” pada perut ibu pasca-bersalin.(Irawan Sapto Adhi) 

Baca Juga: Menakjubkan! Ini manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh

Selanjutnya: Ini manfaat kencur sebagai obat herbal penumpas penyakit

 

 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Disepelekan, Ini 10 Manfaat Luar Biasa Lengkuas"

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru