5 Manfaat Selai Kacang Bila Dimakan Secara Rutin, Bisa Menurunkan Berat Badan

Rabu, 16 November 2022 | 14:05 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
5 Manfaat Selai Kacang Bila Dimakan Secara Rutin, Bisa Menurunkan Berat Badan

ILUSTRASI. Selai kacang bisa membantu menurunkan berat badan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selai kacang biasanya dikonsumsi sebagai topping roti tawar atau salad. Ini manfaat selai kacang untuk kesehatan, salah satunya menurunkan berat badan. 

Sebagian orang sengaja menghindari konsumsi kacang, karena dianggap sebagai biang kerok kolesterol tinggi dan asam urat. 

Baca Juga: Minum Kopi Setiap Hari Bisa Meningkatkan Kadar Kolesterol Jahat?

Padahal, kacang merupakan jenis makanan yang sehat serta kaya akan protein dan nutrisi lainnya. 

Mengutip dari Medical News Today, kacang mengandung protein, lemak, dan serat. Selain itu, kacang juga mengandung lemak tak jenuh yang dianggap baik untuk diet seimbang. 

Selain dikonsumsi secara langsung, kacang dikonsumsi dalam bentuk selai. 

Selai kacang mengandung dua jenis lemak tak jenuh yakni: 

Lemak tak jenuh tunggal

Menurut American Diabetes Association, lemak tak jenuh tunggal bisa mengurangi kadar kolesterol jahat. 

Lemak tak jenuh ganda 

Lemak jenuh ganda juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Manfaat selai kacang 

Mengandung mineral, vitamin, dan serat membuat selai kacang baik dikonsumsi secara rutin dalam jumlah terukur. 

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan konsumsi selai kacang sekitar dua sendok makan. 

Ini manfaat selai kacang untuk kesehatan yang harus Anda ketahui: 

1. Tinggi protein 

Berdasarkan data USDA, dalam 45 gram selai kacang mengandung sekitar 10 gram protein. 

Hal ini baik untuk Anda yang sedang menjalankan pola makan nabati atau vegetarian. 

2. Mencegah kanker jenis tertentu 

Hasil penelitian tahun 2017 menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi lebih banyak selai kacang dan kacang mengalami penurunan risiko kanker payudara. 

3. Menjaga kesehatan jantung 

Mengandung lemak tak jenuh bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. 

Sebuah penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang yang tinggi memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular. 

4. Menjaga kadar gula darah 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan dengan selai kacang memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak makan selai kacang. 

Hasil ini menunjukkan bahwa selai kacang bisa membantu meningkatkan kontrol gula darah. 

5. Menurunkan berat badan 

Selai kacang mengandung serat, lemak, dan protein yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Rasa kenyang yang lebih lama bisa mengurangi nafsu makan atau makan camilan. 

Hasil penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang lebih banyak memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami kelabihan berat badan atau obesitas. 

Baca Juga: Selai Kacang Bikin Asam Lambung Naik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru