kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat puasa ini tidak boleh Anda abaikan


Kamis, 10 Desember 2020 / 07:42 WIB
5 Manfaat puasa ini tidak boleh Anda abaikan
ILUSTRASI. Salah satu manfaat puasa adalah menjaga kesehatan jantung manusia.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dilihat dari sudut pandang kesehatan, puasa mendatangkan banyak manfaat bagi yang menjalankan. Kegiatan itu mengharuskan seseorang untuk tidak makan dan minum selama periode tertentu. Berikut ini manfaat puasa yang bisa Anda dapat jika melakukannya secara rutin.

Gula Darah Lebih Terkontrol

Puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah dalam tubuh sehingga cocok dilakukan oleh penderita diabetes secara rutin. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 pasien diabetes menunjukkan bahwa gula darahnya berkurang setelah melakukan intermittent fasting dalam waktu singkat.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), puasa juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga distribusi glukosa ke sel-sel menjadi lebih efektif. Meski demikian, laki-laki dan wanita mengalami efek puasa yang berbeda. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter jika ingin mencoba puasa.

Meredakan Inflamasi

Sebenarnya, inflamasi atau peradangan merupakan hal normal yang dilakukan tubuh untuk melawan infeksi. Namun, saat peradangan terjadi secara berlebihan, hal itu bisa membahayakan kesehatan. Inflamasi parah bisa jadi tanda penyakit kronis, seperti sakit jantung atau kanker.

Baca Juga: 4 Rutinitas pagi ini dihindari, sepanjang hari Anda hepi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi inflamasi sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga. Sebuah studi yang melibatkan 50 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa tingkat inflamasi berkurang setelah melakukan intermittent fasting selama sebulan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan puasa secara rutin. Beberapa manfaat puasa yang baik untuk kesehatan jantung adalah menurunkan jumlah kolesterol jahat, tekanan darah, dan trigliserida.

Menurunkan Berat Badan

Selain beberapa hal di atas, puasa juga bisa menurunkan berat badan Anda. Intermittent fasting dalam waktu singkat mampu meningkatkan jumlah neurotransmitter norepinephrine sehingga metabolisme meningkat. Dengan begitu, berat badan Anda bisa berkurang.

Baca Juga: Anda menderita tekanan darah tinggi? Ini buah yang ampuh menurunkan darah tinggi

Tak hanya itu, puasa juga bisa membuat asupan kalori yang masuk ke tubuh Anda terbatas. Hasilnya, lemak dalam tubuh berkurang dan jaringan otot menjadi terjaga. Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara efektif, tak ada salahnya untuk mencoba berpuasa.

Memperlambat Penuaan

Sebuah penelitian yang menggunakan hewan percobaan menunjukkan bahwa puasa mampu memperlambat proses penuaan. 83% hewan yang digunakan dalam penelitian bahkan bisa hidup lebih lama dari hewan lain yang tak puasa. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lain untuk membuktikan hal itu pada manusia.

Selanjutnya: 13 makanan yang mudah didapatkan untuk bantu penderita diabetes turunkan gula darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×