kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Paprika untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui, Cek Yuk!


Rabu, 29 Maret 2023 / 10:26 WIB
5 Manfaat Paprika untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui, Cek Yuk!
ILUSTRASI. Manfaat paprika untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfaat paprika untuk kesehatan tubuh yang menarik untuk diketahui dan sayang jika dilewatkan. Selain itu, manfaat paprika untuk kesehatan juga telah terbukti klinis. 

Oleh sebab itu, manfaat paprika sudah tidak perlu diragukan lagi. Paprika juga termasuk salah satu buah sayur yang cukup digemari. Hal tersebut dikarenakan paprika mempunyai rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. 

Paprika juga mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam paprika di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, magnesium dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Lantas apa saja manfaat paprika untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat paprika untuk kesehatan yang menarik diketahui:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat paprika untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui di antaranya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. 

Hal tersebut dikarenakan paprika mengandung lutein dan zeaxanthin yang mampu meningkatkan penglihatan. Selain itu, mengkonsumsi paprika secara rutin juga mampu mencegah berbagai penyakit mata.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya karotenoid secara teratur dan terutama lutein dan zeaxanthin, dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif Diet, Kenali 7 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh

2. Mengurangi Risiko Anemia

Selain baik untuk mata, paprika juga bermanfaat untuk mengurangi risiko anemia. Pasalnya, mengandung banyak zat besi, vitamin C dan berbagai nutrisi lainnya yang mampu mengurangi risiko anemia atau kekurangan sel darah merah.

Paprika juga membantu lebih jauh karena mengandung vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat hemoglobin, protein yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Tak berhenti disitu, kapulaga juga mampu mencegah berbagai penyakit kronis. Manfaat kapulaga untuk kesehatan ini tentu sangat penting diketahui.

Pasalnya, kapulaga mengandung banyak antioksidan dan antiinflamasi yang berperan aktif mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Baca Juga: Catat Yuk 5 Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui Saat Puasa

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu meningkatkan fungsi otak. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi paprika cukup efektif dalam mencegah kehilangan ingatan dan penyakit alzheimer.

Terdapat juga penelitian yang menunjukkan bahwa paprika mengandung fenol, karotenoid dan flavonoid yang bermanfaat untuk hal tersebut.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan adalah dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat untuk mencegah dan penderita diabetes.

Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat paprika tersebut. Itulah beberapa manfaat paprika untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×