5 Manfaat Minum Air Hangat untuk Tubuh

Selasa, 12 April 2022 | 09:34 WIB Sumber: Medical News Today
5 Manfaat Minum Air Hangat untuk Tubuh

ILUSTRASI. 5 Manfaat Minum Air Hangat untuk Tubuh


KONTAN.CO.ID - Kebutuhan cairan dalam tubuh harus selalu dipenuhi dengan minum air yang cukup. Air membantu sel-sel tubuh menyerap nutrisi dan melawan infeksi. Baik minum air hangat maupun air dingin, ini bermanfaat untuk menghidrasi tubuh Anda. Namun, beberapa orang mengklaim bahwa air hangat secara khusus menawarkan lebih banyak manfaat.

Meskipun hanya ada sedikit penelitian ilmiah tentang manfaat minum air hangat, tetapi banyak kesehatan alternatif yang selama ribuan tahun ini menganjurkan minum air hangat untuk meningkatkan kesehatan. Mungkin Anda juga menyadarinya. Lebih jelasnya, dilansir dari Medical News Today, berikut 5 manfaat minum air hangat untuk tubuh.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Akan Berpuasa

Detoksifikasi Tubuh

Air hangat dipercaya dapat membantu detoksifikasi tubuh. Ini karena minum air hangat dapat meningkatkan suhu inti tubuh, merangsang proses berkeringat, yang merupakan salah satu cara tubuh menghilangkan racun.

Menjaga Sistem Pencernaan

Minum air membantu menjaga sistem pencernaan tetap berjalan dengan normal. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mudah membuang limbah. Sementara minum air hangat sangat efektif untuk mengaktifkan sistem pencernaan berjalan lebih baik. Ini karena minum air panas membantu memecah makanan lebih cepat daripada minum air dingin. Efeknya, dapat mengurangi risiko sembelit karena mendukung buang air besar secara teratur. Selain itu, air hangat juga memiliki efek yang menguntungkan untuk pengeluaran gas setelah operasi.

Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf Pusat

Tidak mendapatkan cukup air, dapat memberikan efek negatif pada fungsi sistem saraf Anda, yang akhirnya memengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Memenuhi kebutuhan air minum dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat dan membuat tubuh lebih rileks, sehingga suasa hati membaik. Minum air hangat juga akan mengatasi gejala kabut otak atau kurang fokus, sehingga membantu Anda lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi.

Baca Juga: Cegah Bau Nafas di Mulut Saat Berpuasa dengan 5 Cara Ini

Meningkatkan Sirkulasi

Air panas adalah vasodilator, yang berarti memperluas pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi. Ini mampu membuat otot menjadi lebih rileks, mengurasi rasa sakit, dan membantu aliran darah. Minum air juga dapat menghidrasi tubuh. Sebab, bila tubuh mengalami dehidrasi, dapat menyebabkan volume darah rendah dan tekanan darah rendah. Minum air akan mampu memperbaikinya.

Membantu dalam Proses Menurunkan Berat Badan

Minum lebih banyak air dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Sebab, minum air dapat membantu perut menjadi lebih kenyang. Apalagi, terkadang otak tidak bisa membedakan apakah tubuh memberikan sinyal lapas atau haus.

Dalam sebuah studi, beralih dari minum dingin ke air panas dapat meningkatkan penurunan berat badan. Peneliti menemukan bahwa minum 500 ml air sebelum makan meningkatkan metabolisme hingga 30%. Menaikkan suhu air akan menyumbang 40% dari peningkatkan metabolisme. Peningkatan ini terjadi selama 30-40 menit, setelah konsumsi air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru