kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   7,71   0.83%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Makan Sayur Untuk Kesehatan Tubuh Saat Puasa, Wajib Tahu!


Rabu, 19 April 2023 / 02:45 WIB
5 Manfaat Makan Sayur Untuk Kesehatan Tubuh Saat Puasa, Wajib Tahu!


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat makan sayur untuk kesehatan tubuh saat puasa adalah hal yang penting diketahui. Selain itu, manfaat makan sayur juga sangat populer dan menarik perhatian.

Manfaat makan sayur untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, sayur menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Hal tersebut dikarenakan sayur menyimpan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, tak heran makan sayur mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Enak Jadi Takjil, Ini 5 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Selain itu, sayur adalah salah satu makanan yang penting untuk dikonsumsi. Pasalnya, ada beberapa jenis sayur tertentu yang mempunyai manfaat yang mampu mencegah berbagai penyakit. 

Lantas apa saja manfaat makan sayur untuk kesehatan? 

Melansir dari Moorings Park, berikut beberapa manfaat makan sayur untuk kesehatan:

1. Menjadi Sumber Protein

Salah satu manfaat utama makan sayur untuk kesehatan adalah menjadi sumber protein. Pasalnya, selain daging sayur dapat dijadikan sumber protein yang juga tak kalah tinggi. 

Cukup banyak pilihan sayur yang mengandung banyak protein. Di antaranya seperti bayam, kacang kedelai jagung, kubis dan lain-lain.

Baca Juga: Punya Banyak Khasiat, Cek 8 Manfaat Seledri untuk Kesehatan Tubuh

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makan sayur juga bermanfaat untuk kesehatan salah satunya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan sayur adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi.

Kandungan nutrisi tersebut yang berperan aktif meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah radikal bebas, hingga mengurangi kerontokan rambut sekalipun.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Usah Diragukan

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat makan sayur untuk kesehatan lainnya yakni dapat meningkatkan kesehatan mental loh. Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa orang yang makan beragam sayuran dan buah-buahan cenderung mengurangi depresi dan kecemasan, serta meningkatkan rasa optimisme dalam hidup.

Ada juga penelitian lain yang menunjukkan bahwa makan sayur mentah (atau hampir tidak dimasak) dapat meningkatkan manfaatnya. Khusunya berlaku untuk wortel dan mentimun.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi Didalamnya

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Makan sayur juga sangat bermanfata untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan usus. Pasalnya, sayur mengandung banyak serat dan antioksidan yang mampu melancarkan sistem pencernaan dan membuat usus menjadi lebih sehat.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat makan sayur berikutnya yaitu juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan makan sayur mampu mengurangi risiko berbagai gejala penyakit jantung seperti kolesterol tinggi hingga tekanan darah tinggi.

Salah satu studi terbaru menemukan bahwa mereka yang meningkatkan porsi makan sayur dalam diet dapat mengurangi penanda hampir semua indikator penyakit jantung.

Demikian beberapa manfaat makan sayur untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×