kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​5 Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Menggunakannya


Jumat, 10 Maret 2023 / 15:27 WIB
​5 Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Menggunakannya
ILUSTRASI. Manfaat madu untuk wajah pun diantaranya mengobati jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan meratakan warna kulit.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Madu memiliki rasa yang manis dan tekstur lengket. Zat ini diproduksi dan disimpan lebah di sarangnya. Nah, ternyata ada sejumlah manfaat madu untuk wajah. 

Dalam bentuk aslinya, madu diproduksi oleh aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup yang berkumpul untuk menciptakan bahan yang kuat dengan ratusan kegunaan praktis.

Proses unik untuk menghasilkan madu membuatnya sangat berharga di industri kosmetik. Manfaat madu untuk wajah pun diantaranya mengobati jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan meratakan warna kulit.

Madu mentah yang tidak dipasteurisasi memiliki manfaat paling besar untuk kulit. Jadi, apa manfaat madu untuk wajah? 

Baca Juga: Sering Kambuh Saat Malam Hari, Ini 4 Gejala Utama Asam Urat dan Tanda Harus ke Dokter

Manfaat madu untuk wajah

Manfaat madu untuk wajah pun diantaranya mengobati jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan meratakan warna kulit.

Dikutip dari Healthline, manfaat madu mentah untuk kulit sangat bagus terutama bagi kulit berjerawat maupun eksim. Nah, berikut beberapa manfaat madu untuk wajah: 

1. Manfaat madu untuk wajah berjerawat 

Manfaat madu untuk wajah membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit Anda, yang menjadikannya produk yang bagus untuk digunakan pada jerawat. 

Selain itu, madu manuka (madu dari New Zealand) telah dipelajari sebagai produk anti-jerawat dan terbukti jauh lebih efektif daripada produk populer lainnya.

Baca Juga: Daun Singkong Bisa untuk Obati Sakit Kepala, Cek Manfaat Lainnya

Madu manuka sangat efektif dalam menyembuhkan luka dengan cepat sehingga sekarang digunakan oleh dokter dalam pengaturan klinis. Manfaat madu untuk kondisi kulit yang kronis dapat digunakan dengan menjadikannya masker wajah yang dibiarkan selama beberapa menit.

Hal terpenting dalam menggunakan madu untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menggunakan madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu manuka.

Sebab, madu yang Anda gunakan harus tetap mengandung bakteri sehat agar efektif. Hal ini akan mengaktifkan sistem kekebalan dan membantu peradangan dan kemerahan, serta menyembuhkan flek di wajah.

Baca Juga: Resep Jeyuk Bokkeum si Daging Tumis Pedas Korea yang Super Kenyal

Salah satu cara menggunakan madu untuk wajah adalah dengan mencampurnya dengan bahan lain untuk membuat perawatan masker wajah yang menenangkan.

Sebelum melakukan ini, pastikan untuk melakukan uji terlebih dahulu pada madu dan bahan lainnya untuk memastikan Anda tidak akan mengalami reaksi alergi.

Campuran madu mentah dan kayu manis merupakan kombinasi antioksidan dan antimikroba yang kuat.

Baca Juga: Nikmati Belanja Lebih Murah di Promo Indomaret Super Hemat per 7 Maret 2023

Caranya, campurkan tiga bagian madu dan satu bagian kayu manis murni atau kayu manis murni (kayu manis “asli”) dan hangatkan campuran tersebut sedikit menggunakan microwave. 

Oleskan ke kulit Anda dan biarkan campuran selama 8 hingga 10 menit. Bilas sepenuhnya menggunakan air hangat dan tepuk-tepuk kulit Anda hingga kering. Jangan gunakan jika Anda alergi terhadap kayu manis.

Baca Juga: 6 Jenis Olahan Black Coffee Berbasis Espresso, Berisi Murni Kopi dengan Air

2. Manfaat madu untuk eksim 

Manfaat madu juga bisa digunakan untuk menyembuhkan eksim. Madu mampu mempercepat proses penyembuhan sel kulit. 

Jika Anda mengalami noda atau timbulnya eksim, madu yang tidak dipasteurisasi dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan.

Bahkan pertumbuhan berlebih jamur candida yang bisa menyebabkan infeksi bisa dikontrol dengan mengoleskan madu ke kulit Anda.

Baca Juga: Bumil Bisa Coba, Ini 5 Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil Secara Alami

3. Manfaat madu untuk eksfoliasi wajah 

Manfaat madu untuk wajah juga bisa membantu eksfoliasi. Madu mentah juga merupakan eksfoliator alami. 

Sehingga, mengoleskan madu mentah ke wajah akan menghilangkan kulit kering dan kusam dan menampakkan sel-sel kulit baru di bawahnya.

Baca Juga: Bisa Turunkan Berat Badan, Cek 7 Manfaat Ikan Nila Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

4. Manfaat madu untuk mencerahkan kulit  

Selain itu, manfaat madu untuk wajah juga bisa membantu mencerahkan kulit. Para peneliti belum menyimpulkan hubungan langsung antara penggunaan madu di wajah dan mencerahkan bintik-bintik gelap.

Namun, karena madu memiliki khasiat pengelupasan, menggunakannya di wajah bisa menghilangkan sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam sehingga wajah menjadi lebih cerah. 

Baca Juga: Nyeri dan Mual di Perut Langsung Reda, Ini 7 Tanaman Herbal untuk Asam Lambung

Setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu manuka atau jenis madu mentah yang tidak dipasteurisasi ke wajah. 

Jika mau, encerkan madu dengan air murni agar tidak terlalu lengket dan lebih mudah dihilangkan. Biarkan madu di kulit selama beberapa menit sebelum dibilas.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Pisang untuk Memperindah Rambut

5. Manfaat madu untuk menghilangkan bekas luka

Manfaat madu untuk wajah juga bisa menghilangkan bekas luka. Madu membantu proses penyembuhan tubuh, yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

Anda dapat menggunakan madu sebagai perawatan noda pada bekas luka, mengoleskannya setiap hari di tempat bekas luka.

Anda juga dapat melihat hasilnya jika menggunakan masker wajah dari madu sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda.

Baca Juga: Tidak Sulit! 3 Cara Membuat Masker untuk Memutihkan Kulit dari Bahan Alami

Efek samping mengoleskan madu di wajah

Madu tidak mungkin menyebabkan reaksi alergi pada kebanyakan orang.

Madu tidak mungkin menyebabkan reaksi alergi pada kebanyakan orang. Namun, Anda harus menggunakan madu dengan hati-hati jika Anda memiliki alergi pada:

  • Serbuk sari
  • Seledri
  • Racun lebah

Sehingga, selalu uji produk baru pada area kecil kulit Anda yang sedikit terlihat untuk mengetahui apakah Anda alergi atau tidak. 

Pastikan untuk membersihkan madu dari wajah Anda sebelum tidur. Madu yang tertinggal di wajah dapat menarik debu dan kotoran lain, yang dapat memperburuk jerawat aktif.

Demikian informasi mengenai manfaat madu untuk wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×