5 Manfaat kopi dan risikonya bagi kesehatan

Sabtu, 06 November 2021 | 09:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Manfaat kopi dan risikonya bagi kesehatan


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Kopi menjadi salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang karena dianggap bisa menaikkan mood saat beraktivitas. Ternyata, menurut beberapa penelitian ada banyak manfaat kopi bagi kesehatan tubuh. 

Sejumlah manfaat kopi bagi kesehatan di antaranya adalah menurunkan risiko kanker hati, diabetes tipe 2, dan gagal jantung. 

Manfaat kopi tersebut didapatkan lantaran mengandung nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B-2), niacin (vitamin B-3), magnesium, potasium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan.

Selain itu, manfaat kopi hitam yakni tanpa susu atau krim juga rendah kalori. Biji kopi juga mengandung polifenol, sejenis antioksidan.

Antioksidan dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas, yang bersifat racun dan dapat menyebabkan peradangan. Lantas, apa saja manfaat kopi bagi kesehatan tubuh?

Baca Juga: Kabar baik, ekspor sawit, emas, sampai kopi ke Eropa bebas bea masuk mulai 1 November

Manfaat kopi bagi kesehatan 

Ilustrasi Kopi

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut manfaat kopi bagi kesehatan: 

1. Kopi dan diabetes

Salah satu manfaat kopi yakni dapat membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2. Para ilmuwan telah menemukan hubungan antara peradangan dan berbagai aspek sindrom metabolik, termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas. 

Sebuah penelitian dari 2017 menyimpulkan bahwa orang yang minum empat hingga enam cangkir kopi berkafein atau tanpa kafein setiap hari tampaknya memiliki risiko sindrom metabolik yang lebih rendah, termasuk diabetes tipe 2.

2. Kopi dan penyakit Parkinson

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kafein, yang ada dalam kopi dan banyak minuman lainnya, dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit Parkinson.

Manfaat kopi tersebut disimpulkan dari penelitian yang menyatakan bahwa pria yang minum lebih dari empat cangkir kopi per hari mungkin memiliki risiko Parkinson lima kali lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Selain itu, kafein dalam kopi dapat membantu mengontrol gerakan pada orang dengan Parkinson, menurut sebuah studi tahun 2012. Selain itu, bahwa seseorang yang minum kopi kemungkinan kecil mengalami depresi dan kondisi kognitif seperti Alzheimer.

Baca Juga: Kenali Beberapa Efek Samping Konsumsi Green Tea untuk Diet

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru