Kesehatan Umum

5 manfaat daun mint ini berguna untuk kesehatan Anda, lo

Sabtu, 21 November 2020 | 11:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 manfaat daun mint ini berguna untuk kesehatan Anda, lo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat daun mint bisa Anda rasakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain terasa menyegarkan, daun mint juga mengandung vitamin A dan nutrisi lainnya sehingga perlu Anda konsumsi secara rutin.

Mengobati Iritasi Pencernaan

Iritasi merupakan salah satu jenis gangguan pencernaan yang biasa dialami oleh banyak orang. Umumnya, iritasi pencernaan ditandai dengan beberapa gejala. Mulai dari sakit perut, kembung, penumpukan gas, dan jadwal buang air besar yang berubah.

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa iritasi pencernaan bisa diobati dengan mengubah makanan yang dikonsumsi, minum obat, dan mengonsumsi daun mint dalam bentuk minyak. Dalam minyak daun mint terdapat mentol yang berfungsi untuk merelaksasi otot perut sehingga iritasi berkurang.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat daun mint lainnya bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan terjadi saat makanan yang Anda konsumsi mengendap terlalu lama dalam perut. Supaya makanan lebih mudah dikeluarkan, Anda bisa mengonsumsi minyak daun mint.

Baca Juga: 6 Manfaat pare yang penting untuk kesehatan tubuh

Meningkatkan Fungsi Otak

Mengutip dari Healthline, menghirup aroma daun mint bisa meningkatkan fungsi otak, lo. Salah satu penelitian yang melibatkan 144 orang dewasa membuktikan hal itu. Mereka menghirup aroma daun mint selama lima menit. Hasilnya, memori mereka mengalami peningkatan.

Tak hanya itu, menghirup aroma daun mint juga mampu meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi rasa frustasi, cemas, dan kelelahan. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hasil tersebut.

Mengurangi Rasa Sakit Saat Menyusui

Bagi sebagian wanita, menyusui anak bisa terasa sulit dan sakit. Jika Anda mengalami hal yang sama, cobalah untuk mengonsumsi daun mint karena bahan alami itu bisa mengurangi rasa sakit yang muncul saat menyusui.

Baca Juga: Ini manfaat daun mint untuk kecantikan kulit dan rambut Anda

Salah satu penelitian menunjukkan, menggunakan air pepermin efektif mencegah puting susu dan areola pecah-pecah sehingga rasa sakit berkurang. Penelitian lain menunjukkan bahwa rasa sakit dan puting susu yang pecah-pecah berkurang saat menggunakan menthol essential oil setelah menyusui.

Meredakan Pilek

Manfaat daun mint lain yang disebutkan Healthline adalah kemampuannya untuk meredakan hidung tersumbat akibat pilek. Selain mengurangi penyumbatan hidung, mentol juga berguna untuk memperbaiki aliran udara dan pernapasan.

Selanjutnya: Manfaat daun binahong ini berguna untuk kesehatan tubuh, lo

Editor: Belladina Biananda


Terbaru