kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan yang Luput dari Perhatian


Senin, 05 Juni 2023 / 10:05 WIB
5 Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan yang Luput dari Perhatian


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat cabai rawit untuk kesehatan tubuh yang kerap luput dari perhatian. Pasalnya, manfaat cabai rawit kalah populer dengan rasa pedas yang menjadi khas cabai rawit.

Selain itu, cabai rawit menyimpan cukup banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh loh. Penasaran?

Manfaat cabai rawit untuk kesehatan tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Pasalnya, cabai rawit termasuk sayuran yang mengandung banyak nutrisi.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Kandungan nutrisi dalam cabai rawit di antaranya seperti antioksidan, mineral, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut tak heran cabai rawit juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Lantas apa saja manfaat cabai rawit untuk kesehatan?

Melansir dari Cleveland Clinic, berikut beberapa manfaat cabai rawit untuk kesehatan:

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Salah satu manfaat cabai rawit di antaranya adalah mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam cabai rawit bermanfaat untuk melindungi sel-sel dalam tubuh. 

Selain itu, kandungan antioksidan dalam cabai rawit juga mampu menangkal berbagai jenis radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat cabai rawit selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan cabai mengandung antioksdian, salah satunya capsaicin yang dapat melindungi dari perandangan termasuk penyakit jantung

3. Memperbaiki Pencernaan

Salah satu manfaat cabai rawit lainnya adalah dapat memperbaiki pencernaan. Pasalnya, mengkonsumsi cabai rawit mampu meningkatkan bakteri dalam usus yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Meski demikian, jangan pula mengkonsumsi cabai rawit secara berlebihan karena berisiko membuat perut menjadi mulas.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh, Penasaran?

4. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi cabai rawit juga cocok dilakukan saat menjalankan program diet menurunkan berat badan. Pasalnya, cabai rawit mengandung capsaicin yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, cabai rawit juga termasuk sayuran rendah kalori yang cocok dikonsumsi saat diet dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan lainnya.

Baca Juga: Ayo Simak 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Jika Rajin Dikonsumsi

5. Meringankan Rasa Sakit

Tak berhenti disitu, cabai rawit juga bermanfaat untuk meringankan rasa sakit. Hal tersebut dikarenakan, capsaicin dalam cabai rawit juga mampu mengobai rasa nyeri, salah satunya nyeri radang sendi.

Dilansir dari Cleveland Clinic, cabai rawit juga terbukti mampu mebantu meredakan sakit kepala.

Demikian beberapa manfaat cabai rawit untuk kesehatan. Meski memiliki banyak manfaat disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan untuk menghindari efek samping dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memaksimalkan manfaat yang bisa didapatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×