kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Simak!


Senin, 24 Oktober 2022 / 17:15 WIB
5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Simak!


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Tahukah Anda bawang putih menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan? Ada beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang jarang diketahui kebanyakan orang.

Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya, seperti vitamin C, protein, asam amino, antioksidan dan berbagai nutrisi lainnya.

Dilansir dari Health Grades, mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat melancarkan aliran darah. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tak berhenti sampai disitu bawang putih masih menyimpan banyak manfaat lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Melansir dari Health Grader, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan lainnya:

1. Menurunkan Kolesterol

Selain dapat menurunkan tekanan darah dan melancarakan aliran darah, bawang putih juga efektif untuk menurunkan kolesterol jahat. Bahkan, mengkonsumsi bawang putih secara rutin mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Bawang putih mengandung banyak antijamur, antioksidan dan antibakteri yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Artinya mengkonsumsi atau memanfaatkan bawang putih dapat menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, ekstrak bawang putih juga dipercaya bermanfaat untuk mengobati jerawat loh.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Stroberi yang Penting untuk Diketahui, Catat!

3. Baik Untuk Kesehatan tulang

Bawang putih juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Pasalnya, mengkonsumsi bawang putih secara rutin mampu meningkatkan estrogen dalam tubuh. Hal tersebut berpengaruh untuk memperkuat kepadatan tulang sehingga terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis atau ostepartritis.

4. Mencegah Pikun

Perlu Anda ketahui, bawang putih juga mempunyai manfaat yang luar biasa yaitu mampu mencegah pikun. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung banyak antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Sehingga risiko pikun atau penyakit alzheimer bisa menurun.

Baca Juga: Klasemen Liga Inggris: Meski Draw Arsenal Tetap di Puncak Sembari Dibayangi Man City

5. Meredakan Flu

Manfaat bawang putih yang tak boleh dilewatkan yaitu dapat meredakan flu. Dilansir dari Health Grades, bawang putih mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Artinya, mengkonsumsi bawang putih dapat meredakan tingkat keparahan flu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×