kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,65   -11,86   -1.27%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol


Sabtu, 11 Desember 2021 / 06:05 WIB
5 Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memperhatikan makanan yang harus dihindari penderita kolesterol adalah hal penting. Dengan begitu, jumlah kolesterol dalam tubuh lebih terkontrol sehingga risiko masalah kesehatan menjadi lebih rendah.

Jumlah kolesterol yang terlalu tinggi bisa terjadi karena beberapa sebab. Tak hanya makanan yang Anda konsumsi, riwayat kesehatan keluarga juga bisa membuat jumlah kolesterol lebih tinggi daripada batas normal.

Tidak berhenti sampai di situ, usia tua, kebiasaan merokok, kurang olahraga, obesitas, diabetes, atau jenis penyakit lain juga berpengaruh pada tingginya jumlah kolesterol dalam tubuh Anda. Nah, supaya jumlahnya lebih terkontrol, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman berikut ini.

Gorengan

Gorengan mengandung banyak lemak yang bisa membuat jumlah kolesterol melonjak. Jika Anda terus-menerus mengonsumsi gorengan, bukan tidak mungkin kesehatan tubuh Anda menjadi benar-benar terganggu.

Baca Juga: 8 Makanan yang efektif menurunkan kolesterol dengan cepat

Jeroan

Mengutip dari Medicine Net (medicinenet.com), jeroan termasuk salah satu makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Apalagi jika jeroan diolah dengan cara memasak yang kurang sehat, misalnya memakai minyak goreng.

Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Salah satu makanan yang harus dihindari penderita kolesterol adalah kuning telur.

Untuk menurunkan kolesterol, cobalah untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Mulai dari santan, kue, kuning telur, butter, keju, dan lain sebagainya. Mengonsumsi jenis makanan itu terlalu sering membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Alkohol

Alkohol termasuk dalam daftar minuman dan makanan yang harus dihindari penderita kolesterol.

Medicine Net mengingatkan Anda untuk tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Usahakan untuk tidak minum lebih dari 1-2 alkohol per hari.

Meski Anda mengonsumsi sedikit alkohol, jumlah trigliserida dalam tubuh akan melonjak. Selain tak baik untuk jumlah kolesterol, kesehatan tubuh secara menyeluruh juga bisa terganggu.

Gula

Selanjutnya, Anda perlu menghindari makanan dan minuman manis karena termasuk dalam daftar makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Donat, kue, kue kering, dan minuman bersoda adalah beberapa contohnya.

Baca Juga: Jangan bingung, 5 hal ini bisa jadi obat herbal asam urat

Makanan yang Bisa Anda Konsumsi

Daripada mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman di atas yang berpengaruh buruk bagi jumlah kolesterol dalam tubuh, ada baiknya bagi Anda untuk mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang lain.

Anda bisa mengonsumsi makanan berserat, contohnya brokoli, wortel, tomat, dan jenis sayur serta buah yang lain. Makanan yang mengandung banyak antioksidan juga baik untuk Anda, misalnya buah beri, pisang, buah sitrus, apel, melon, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: 6 Cara menurunkan berat badan yang wajib Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×