Jangan bingung, 5 hal ini bisa jadi obat herbal asam urat

Selasa, 09 November 2021 | 14:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jangan bingung, 5 hal ini bisa jadi obat herbal asam urat

ILUSTRASI. Berbagai jenis makanan dan minuman dapat Anda gunakan sebagai obat herbal asam urat.


KONTAN.CO.ID - Selain obat di apotek, Anda juga bisa mencoba obat herbal asam urat. Dengan begitu, risiko radang sendi akibat asam urat tinggi bisa Anda hindari. Tidak hanya itu, mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu juga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Melansir Arthritis Foundation, Anda perlu menjaga jumlah asam urat dalam tubuh tidak lebih dari 6 mg/dl. Sebelum mengetahui makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi, Anda perlu memperhatikan pula makanan apa saja yang sebaiknya Anda hindari.

Sebaiknya, batasi atau benar-benar hindari konsumsi bir, minuman bersoda, jeroan, dan beberapa jenis seafood. Alasannya, jenis makanan dan minuman itu mengandung banyak purin. Karena itu, cobalah untuk mengonsumsi beberapa pilihan berikut:

Air putih

Supaya jumlah asam urat dalam tubuh berkurang, cobalah untuk minum banyak air putih. Umumnya, Anda membutuhkan 8 gelas air putih per hari. Namun, jumlah itu bisa bertambah bila radang sendi yang Anda alami lebih lama dari biasanya.

Baca Juga: Berguna jadi obat herbal asam lambung, coba 4 makanan ini

Susu

Susu juga bisa Anda jadikan obat herbal asam urat, lo. Hasil penelitin menunjukkan, protein dalam susu bisa mengurangi jumlah asam urat di tubuh. Tapi, pastikan untuk mengonsumsi susu rendah lemak supaya hasilnya lebih terasa, ya.

Kopi

Salah satu obat herbal asam urat adalah kopi.

Cara menurunkan asam urat berikutnya yang bisa Anda praktikkan adalah dengan rutin minum kopi. Mengutip dari Arthritis Foundation, rutin minum empat hingga enam gelas kopi setiap hari menurunkan risiko radang sendi.

Anda bisa melakukan cara tersebut dalam jangka waktu lama. Tapi, jangan lupa untuk memperhitungkan efek sampingnya, ya. Minum kopi bisa membuat Anda terjaga. Jadi, usahakan untuk tidak minum kopi mendekati waktu istirahat di malam hari.

Baca Juga: Bisa menurunkan berat badan, ini manfaat buncis untuk kesehatan

Buah sitrus

Selanjutnya, manfaatkan buah sitrus sebagai obat herbal asam urat. Vitamin C yang terkandung dalam jenis buah itu mampu mengurangi jumlah asam urat. Risiko radang sendi pun dapat Anda hindari. Cobalah untuk mengonsumsi minimal 500 mg buah sitrus per hari.

Buah ceri

Ceri berguna sebagai obat herbal asam urat.

Jenis buah berikutnya yang juga bisa dijadikan penurun asam urat adalah buah ceri. Ada banyak nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah ciri. Beberapa di antaranya adalah antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk tubuh Anda.

Selanjutnya: 8 Makanan yang efektif menurunkan kolesterol dengan cepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru