kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan yang Efektif Mencegah Kanker Payudara


Senin, 09 Januari 2023 / 13:02 WIB
5 Makanan yang Efektif Mencegah Kanker Payudara
ILUSTRASI. Buah dan sayur, makanan yang bisa membantu mencegah kanker payudara.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kanker payudara bisa dipengaruhi oleh pola makan yang salah. Ini 5 jenis makanan yang bisa membantu mencegah kanker payudara. 

Kanker payudara, jenis kanker yang umum diderita perempuan. Namun, perlu Anda ketahui, kanker payudara juga bisa menyerang laki-laki. 

Baca Juga: Menurunkan Gula Darah Tinggi, Ini Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Mengutip dari Healthline, kanker payudara laki-laki menyumbang kurang dari 1% dari semua kasus kanker payudara. 

Kanker payudara muncul bisa dipicu oleh kerusakan DNA dan mutasi genetik. Mewarisi gen tertentu seperti BRCA1 dan BRCA2 bisa meningkatkan risiko kanker payudara. 

Hasil penelitian menunjukkan merokok, paparan estrogen, minuman keras, dan konsumsi makanan olahan bisa meningkatkan risiko kanker payudara. 

Mengutip dari NDTV, pola makan memberikan pengaruh yang besar pada kesehatan tubuh dan pertumbuhan sel kanker. 

Berikut 5 makanan yang bisa membantu mencegah kanker payudara bila dimakan secara rutin:

1. Buah dan sayuran 

Para ahli dari Harvard T.H Chan School of Public Health anak perempuan yang makan lebih banyak makanan berserat selama masa remaja memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah. 

Hasil penelitian menunjukkan konsumsi 10 gram serat setiap hari bisa menurunkan risiko kanker payudara sekitar 13%. 

Para peneliti percaya bahwa makan lebih banyak makanan kaya serat bisa mengurangi risiko kanker payudara sebagian dengan membantu mengurangi kadar estrogen yang tinggi dalam darah yang sangat terkait dengan perkembangan kanker payudara. 

2. Buah persik 

Hasil penelitian dari Washington State University dan Texas A&M University menyebutkan kandungan polifenol dalam buah persik bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan kemampuannya untuk menyebar.   

Giuliana Noratto, asisten professor ilmu pangan di Washington State University menyarankan Anda untuk makan tiga buah persik atau minum suplemen makanan yang serupa dari bubuk ekstrak polifenol persik setiap hari. 

3. Probiotik 

Hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology menunjukkan bahwa konsumsi probiotik secara teratur bisa membantu meningkatkan proporsi bakteri menguntungkan di payudara dan membantu mencegah risiko kanker payudara. 

Lactobacillus dan Streptococcus dianggap sebagai bakteri yang bisa meningkatkan kesehatan yang lebih banyak ditemukan pada payudara yang sehat daripada kanker. 

Kedua kelompok bakteri tersebut memiliki sifat antikarsinogenik.

4. Konsumsi makanan mengandung vitamin D 

Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of California menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan risiko tinggi kanker payudara pramenopause. 

Metabolit vitamin D meningkatkan komunikasi antar sel dengan menyalakan protein yang menghalangi pembelahan sel yang agresif. 

Cedric f Garland mengatakan selama reseptor vitamin D ada, pertumbuhan tumor dicegah dan terus memperluas suplai darahnya. 

5. Mengurangi gula 

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California menunjukkan bahwa remaja yang mengonsumsi diet rendah sayuran dan tinggi minuman manis serta diet minuman ringan berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara pramenopause. 

Hal ini disebabkan karena asupan gula tinggi, terutama fruktosa yang menyebabkan peradangan kronis membuat perempuan berisiko terkena kanker payudara dan penyebarannya ke paru-paru. 

Baca Juga: 5 Titik Akupresur yang Efektif Meredakan Kembung dan Sakit Perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×