5 Makanan yang Dilarang bagi Penderita Radang Sendi, Catat

Jumat, 05 Agustus 2022 | 12:12 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Makanan yang Dilarang bagi Penderita Radang Sendi, Catat

ILUSTRASI. Makanan yang dilarang bagi penderita radang sendi.


KONTAN.CO.ID - Penderita radang sendi sangat penting untuk memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Terlebih, ada beberapa makanan yang dilarang bagi penderita sendi.

Sebab, ada makanan yang bisa memicu radang sendi semakin memburuk. Jika Anda makan sembarangan, bisa membuat radang sendi semakin parah yang akan menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan kesulitan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Meski terlihat sepele, menghindari makanan yang dilarang bagi penderita radang sendi adalah hal yang penting dan harus dipatuhi.

Pasalnya, radang sendi juga bisa memicu kemunculan berbagai penyakit lain, mulai diabetes hingga sakit jantung. 

Baca Juga: SSSTikTok Situs Mudah Tinggal Tempel Link Untuk Download Video TikTok Tanpa Watermark

Selain menghindari makanan yang dilarang bagi penderita radang sendi, jangan lupa juga untuk berkonsultasi atau memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter agar gejala-gejala yang dialami bisa teratasi. 

Melansir dari Arthritis Foundation, berikut beberapa makanan yang dilarang bagi penderita radang sendi, di antaranya: 

Gula

Makanan yang mengandung gula tinggi sangat dilarang bagi penderita radang sendi. Soalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dapat memperparah radang sendi. 

Oleh sebab itu, penting untuk membatasi konsumsi gula jika Anda mempunyai masalah sendi. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi gula juga meningkatkan risiko diabetes. 

Baca Juga: 4 Obat Batuk Kering Berbahan Alami yang Mudah Dicari

Lemak

Selain gula, makanan yang terlalu banyak mengandung lemak trans juga dilarang bagi penderita radang sendi. Makanan yang mengandung lemak trans contohnya, gorengan, makanan cepat saji, dan makanan beku. 

Tak hanya memperparah radang sendi, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi dapat memicu kolesterol tinggi hingga penyakit jantung. 

MSG

MSG memang dikenal dapat menambah citarasa suatu makanan. Namun, MSG sebaiknya tidak dikonsumsi bagi Anda yang mempunyai masalah radang sendi.

Sebab, MSG dapat memicu peradangan dalam tubuh dan tidak baik untuk kesehatan liver. 

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Grup H Jadi Ajang Pertemuan Para Pemain Bintang

Asam lemak Omega-3

Makanan yang dilarang bagi penderita radang sendi selanjutnya adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi.

Meski asam lemak omega-3 baik untuk pertumbuhan, jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping termasuk memperburuk radang sendi.

Alkohol

Penderita radang sendi juga dilarang mengonsumsi alkohol. Karena, alkohol dapat memicu peradangan jika dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, mengonsumsi alkohol juga tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru