kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan Penyebab Sariawan yang Perlu Anda Ketahui


Senin, 14 Maret 2022 / 15:49 WIB
5 Makanan Penyebab Sariawan yang Perlu Anda Ketahui
ILUSTRASI. Makanan penyebab sariawan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Sariawan adalah salah satu masalah mulut yang membuat tidak nyaman. Makanan yang dikonsumsi bisa menjadi salah satu penyebab kemunculan sariawan. 

Selain itu, penyebab sariawan juga bisa dipengaruhi oleh stres hingga luka di mulut. Meski tidak terlalu berbahaya, tetap sariawan menimbulkan rasa sakit yang lumayan bisa mengganggu konsentrasi saat beraktivitas. 

Oleh karena itu, penting untuk segera mengobati sariawan dan mencari penyebab kemunculan masalah mulut tersebut. 

Melansir dari Valley Ridge Dental Centre, ada beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab sariawan yang perlu Anda ketahui:

1. Cokelat

Cokelat adalah salah satu makanan yang bisa menjadi penyebab sariawan, lo. Sebab, cokelat mengandung alkaloid yang bisa memicu munculnya sariawan. 

Baca Juga: Ketahui 6 Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

2. Makanan pedas 

Makanan pedas adalah makanan yang cukup populer diketahui sebagai penyebab sariawan di mulut. Pasalnya, makanan pedas mengandung banyak zat asam yang bisa melukai mulut bagian dalam. 

3. Makanan berminyak 

Makanan berminyak juga bisa menjadi penyebab sariawan, apalagi jika Anda mengonsumsinya dalam keadaan panas. Selain memicu sariawan, makanan berminyak juga kurang baik bagi kesehatan karena bisa menjadi pemicu penimbunan lemak. 

Baca Juga: Mau Awet Muda? Simak 5 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Wajah

4. Kopi dan alkohol 

Kopi dan alkohol juga termasuk salah satu makanan yang bisa menjadi penyebab sariawan. Soalnya, kopi ran alkohol mengandung zat asam yang tinggi juga seperti makanan pedas. 

5. Makanan keras 

Makanan yang mempunyai tekstur keras juga bisa menjadi penyebab sariawan. Sebab, makanan bertekstur keras berisiko melukai dinding mulut yang akan menjadi sariawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×