kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,05   6,45   0.65%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan Penurun Asam Urat yang Wajib Dikonsumsi Penderita Asam Urat Tinggi


Rabu, 10 Agustus 2022 / 15:49 WIB
5 Makanan Penurun Asam Urat yang Wajib Dikonsumsi Penderita Asam Urat Tinggi
ILUSTRASI. Asam urat


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Mengkonsumsi makanan penurun asam urat penting untuk dilakukan bagi penderita asam urat tinggi. Ada beberapa pilihan makanan penurun asam urat yang mudah untuk ditemukan.

Saat mengkonsumsi makanan penurun asam urat, otomatis jumlah asam urat dalam tubuh akan menurun seiring berjalannya waktu.

Hal tersebut tentunya akan berdampak positif karena dapat mengurangi risiko asam urat mengkristal di beberapa bagian tubuh. Sehingga, berbagai gejala asam urat seperti nyeri sendi yang dihindari.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Daun Kelor, Dari Jaga Kesehatan Ginjal Hingga Turunkan Risiko Kanker

Selain mengkonsumsi makanan penurun asam urat, Anda juga sebaiknya menghindari makanan atau minuman yang mengandung banyak purin yang menjadi penyebab asam urat tinggi. Contohnya seperti alkohol, seafood, jeroan dan makanan yang mengandung banyak purin lainnya.

Melansir dari Health Central, ada beberapa makanan penurun asam urat yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Air Putih

Minum air putih sangat disarankan dan baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, air putih juga dapat membantu menurunkan asam urat loh. Oleh sebab itu, minumlah air putih 10-12 gelas sehari bagi penderita asam urat serta menjaga kebutuhan asupan cairan.

Buah

Beberapa jenis buah tertentu juga merupakan makanan penurun asam urat, salah satunya buah ceri. Buah ceri dipercaya mampu menurunkan asam urat tinggi. 

Dilansir dari Health Central, terdapat penelitian yang menunjukkan buah ceri cukup efektif dijadikan obat asam urat.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Paru-Paru dengan Memanfaatkan Bahan Alami

Sayuran

Selain buah-buah, ada juga sayuran yang cocok untuk dikonsumsi penderita asam urat. Namun, perlu Anda ketahui ada juga sayuran yang harus dihindari penderita asam urat. Sayuran yang harus dihindari tersebut contohnya seperti bayam, jamur dan berbagai sayuran yang mengandung banyak purin lainnya. Selain itu sayuran yang tidak mengandung banyak purin aman untuk dikonsumsi.

Produk Olahan Susu

Makanan penurun asam urat selanjutnya yaitu berbagai jenis produk olahan susu. Contohnya seperti keju dan yogurt. Kedua makanan tersebut mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak. Sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi penderita asam urat yang tidak mengkonsumsi daging.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Ada Pertandingan Brentford vs Man United

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah tidak asing dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Health Central, minyak zaitun merupakan minyak yang mengandung antiinflamasi. Sehingga mengkonsumsi minyak zaitun mampu meredakan inflamasi atau peradangan sendi yang merupakan gejala asam urat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×