5 Makanan penurun asam urat ini bisa beri hasil efektif

Sabtu, 11 Desember 2021 | 07:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan penurun asam urat ini bisa beri hasil efektif


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat mengonsumsi makanan penurun asam urat. Ketika jumlah asam urat menurun, risiko asam urat mengkristal di beberapa bagian tubuh berkurang. Nah, hal itulah yang membuat frekuensi radang sendi menurun.

Anda perlu menghindari makanan dan minuman yang mengandung banyak purin. Mulai dari alkohol, seafood, daging, dan lain sebagainya. Bukan tanpa alasan, makanan dan minuman tersebut bisa semakin menambah jumlah asam urat dalam tubuh.

Di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa Anda jadikan pilihan untuk mengobati asam urat. Jangan lupa untuk membicarakannya dulu ke dokter, ya. Terlebih bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan khusus.

Air Putih

Anda tidak perlu bingung memikirkan cara menurunkan asam urat karena minum air putih merupakan salah satunya. Mengutip Health Central (healthcentral.com), cobalah untuk minum 10-12 gelas air putih per hari. Dengan begitu, risiko radang sendi dapat Anda hindari.

Baca Juga: Mudah dibuat sendiri! Ini teh yang bikin asam urat kandas

Sayur

Sayur termasuk salah satu makanan penurun asam urat. Namun, ada beberapa jenis sayur yang sebaiknya Anda hindari karena mengandung banyak purin. Jenis sayuran yang dimaksud adalah kembang kol, jamur, asparagus, dan bayam.

Produk Olahan Susu

Salah satu makanan penurun asam urat adalah produk olahan susu.

Cara menurunkan asam urat berikutnya adalah dengan rutin mengonsumsi produk olahan susu. Jenis makanan itu bisa Anda jadikan sumber protein mengganti daging atau seafood karena perlu Anda hindari. Pilihlah keju, yogurt, atau produk olahan susu lain yang berlabel rendah lemak, ya.

Minyak Zaitun

Memiliki jenis minyak yang tepat untuk Anda konsumsi termasuk salah satu cara mengobati asam urat. Health Central mengatakan bahwa minyak zaitun merupakan jenis minyak yang bisa meredakan inflamasi. Artinya, mengonsumsi jenis minyak itu bisa meredakan radang sendi yang Anda rasakan.

Baca Juga: 4 Efek samping lidah buaya ini perlu Anda perhatikan

Buah

Buah ceri termasuk makanan penurun asam urat.

Selanjutnya, Anda bisa memilih buah sebagai makanan penurun asam urat. Kebanyakan jenis buah cocok Anda konsumsi kapan saja. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa buah ceri adalah salah satu jenis buah yang cukup efektif dijadikan obat asam urat.

Dari beberapa pilihan makanan yang sudah disebutkan, adakah jenis makanan yang jadi favorit Anda? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jangan lupa untuk mengonsultasikan jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-hari kepada dokter, ya.

Selanjutnya: 8 Makanan yang efektif menurunkan kolesterol dengan cepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru