4 Efek samping lidah buaya ini perlu Anda perhatikan

Kamis, 11 November 2021 | 18:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Efek samping lidah buaya ini perlu Anda perhatikan


KONTAN.CO.ID - Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang cukup sering digunakan untuk merawat kesehatan. Meski manfaatnya ada banyak, efek samping lidah buaya tetap perlu Anda perhatikan, ya.

Anda bisa memanfaatkan daging lidah buaya langsung dari daunnya. Selain digunakan pada kulit secara langsung, Anda bisa memanfaatkan lidah buaya dengan cara mengonsumsinya.

Jika Anda tidak ingin repot, sekarang ini ada banyak produk gel lidah buaya yang ada di pasaran dan bisa digunakan. Nutrisi yang ada dalam lidah buaya memang bisa menjaga kesehatan Anda.

Namun, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa efek di bawah ini, ya. Jika ada muncul suatu gejala setelah menggunakan lidah buaya, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Efek laksatif

Mengutip dari NDTV Food, laksatif merupakan salah satu hal yang Anda perlukan ketika mengalami sembelit.

Nah, ketika Anda mengonsumsi lidah buaya dalam jumlah yang berlebihan, efek laksatif justru bisa membuat Anda diare. Jika terus dibiarkan, tubuh Anda bisa kekurangan cairan atau dehidrasi.

Baca Juga: Efektif menurunkan tekanan darah, ini manfaat nangka untuk kesehatan

Membuat irama jantung tak beraturan

Irama jantung tak beraturan bisa jadi salah satu efek samping lidah buaya.

Kandungan dalam lidah buaya dapat menurunkan jumlah kalium dalam tubuh. Ketika jumlah kalium dalam tubuh Anda berkurang, Anda mungkin akan mengalami irama jantung yang tidak beraturan.

Selain itu, Anda juga bisa mudah merasa lelah dan lemah.

Menurunkan gula darah

Memiliki jumlah gula darah yang tak terlalu tinggi memang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Mengonsumsi lidah buaya bisa menurunkan gula darah.

Tapi, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Apalagi, jika Anda penderita diabetes yang sudah memiliki jadwal rutin minum obat penurun gula darah.

Kalau Anda ingin mengonsumsi lidah buaya, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda bisa tetap terpantau.

Baca Juga: Bisa mengatasi asam urat, ini manfaat pare untuk kesehatan

Memicu alergi

Salah satu efek samping lidah buaya adalah memicu alergi.

Efek samping lidah buaya berikutnya, menurut NDTV Food, adalah bahan alami itu mampu memicu kemunculan reaksi alergi.

Setelah mengonsumsi lidah buaya, bukan tidak mungkin muncul ruam dan masalah kulit lain, seperti kulit iritasi dan kemerahan dan muncul sensasi terbakar di kulit.

Selanjutnya: 5 Pelembab dari bahan alami untuk kulit kering, ada apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru