5 Makanan Peninggi Badan, Berikan Ke Anak Agar Tak Lebih Rendah Dari Temannya

Jumat, 22 Juli 2022 | 05:05 WIB Sumber: Kompas.com
5 Makanan Peninggi Badan, Berikan Ke Anak Agar Tak Lebih Rendah Dari Temannya


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Catat daftar makananan yang berkhasiat untuk peninggi badan. Makanan peninggi badan bisa Anda berikan ke buah hati agar masa pertumbuhannya berlangsung secara optimal dan tidak terlihat pendek dibandingkan teman-temannya.

Tinggi badan seseorang memang sangat tergantung pada faktor genetika, namun memperoleh nutrisi yang cukup dalam makanan juga sangat penting untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Meskipun seseorang tidak dapat bertambah tinggi setelah mencapai tinggi maksimum, makanan tertentu dapat membantu mempertahankan tinggi badan dengan menjaga tulang, persendian, dan tubuh tetap sehat dan kuat. Misalnya, makanan yang kaya akan protein memiliki peran penting dalam perkembangan yang sehat sekaligus mendukung perbaikan jaringan dan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa probiotik, yang merupakan jenis bakteri yang bermanfaat dan sering ditemukan dalam makanan fermentasi, juga dapat meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak.

Makanan untuk peninggi tinggi badan

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 makanan sehat untuk peninggi badan:

1. Kacang

Daftar pertama makanan peninggi badan adalah kacang. Kacang merupakan makanan yang sangat bergizi dan termasuk sumber protein yang sangat baik.

Protein telah terbukti meningkatkan kadar faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1), hormon penting yang mengatur pertumbuhan pada anak-anak. Kacang juga kaya akan zat besi dan vitamin B, yang dapat membantu melindungi dari anemia, kondisi yang ditandai dengan kurangnya sel darah merah yang sehat dalam tubuh.

Baca Juga: Mengenal Penyebab dan Gejala Lesi Otak yang Dialami Ruben Onsu

2. Daging ayam

Makanan kedua untuk peninggi badan adalah daging ayam. Daging ayam maya akan protein dan berbagai nutrisi penting lainnya sehingga bisa dijadikan tambahan makanan yang sangat baik untuk pola makan sehat.

Daging ayam sangat tinggi vitamin B12 , vitamin yang larut dalam air yang sangat penting untuk tumbuh lebih tinggi dan menjaga tinggi badan. Daging ayam juga kaya akan taurin, asam amino yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Terlebih lagi, ayam sarat dengan protein, mengandung sekitar 20 gram dalam setiap 3 ons.

3. Kacang almond

Makanan ketiga untuk peninggi badan adalah kacang almond. Kacang almond memiliki banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh untuk tumbuh lebih tinggi.

Selain membawa sejumlah lemak sehat, almond juga tinggi serat, mangan, dan magnesium. Ditambah lagi, almond kaya akan vitamin E, vitamin yang larut dalam lemak yang berfungsi ganda sebagai antioksidan. Kekurangan vitamin penting ini dapat menimbulkan efek samping yang serius, termasuk menghambat pertumbuhan anak-anak.

4. Sayuran berwarna hijau

Makanan keempat untuk peninggi badan adalah sayuran berwarna hijau. Sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kangkung, arugula, dan kubis, adalah makanan super dalam hal nutrisi.

Setiap jenisnya memiliki jumlah nutrisi yang berbeda, namun sayuran hijau umumnya menawarkan jumlah vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium yang terkonsentrasi. Sayuran hijau juga tinggi vitamin K, nutrisi yang dapat meningkatkan kepadatan tulang untuk mendukung peningkatan pertumbuhan serta membantu menjaga tinggi badan.

5. Yogurt

Makanan kelima untuk peninggi badan adalah yogurt. Yogurt adalah sumber yang baik untuk beberapa nutrisi penting yang penting untuk pertumbuhan, termasuk protein.

Faktanya, hanya 200 gram yogurt Yunani mengandung hampir 20 gram protein. Jenis yogurt tertentu juga mengandung probiotik, jenis bakteri baik yang dapat membantu mendukung kesehatan usus.

Selain meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu meningkatkan pertumbuhan pada anak.

Itulah daftar makanan peninggi badan. Konsumsi makanan peninggi badan secara teratur agar lebih optimal khasiatnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Makanan Sehat untuk Menambah Tinggi Badan Secara Alami",


Penulis : Lulu Lukyani
Editor : Lulu Lukyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru