kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan penambah darah ini perlu rutin Anda konsumsi


Senin, 04 Oktober 2021 / 11:54 WIB
5 Makanan penambah darah ini perlu rutin Anda konsumsi
ILUSTRASI. Cokelat termasuk salah satu makanan penambah darah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak hal yang terjadi saat tubuh Anda kekurangan darah. Salah satunya adalah banyak bagian tubuh yang tak mendapat cukup oksigen. Supaya hal itu tak menyebabkan masalah yang lebih serius, makanan penambah darah perlu Anda konsumsi.

Beberapa kondisi yang bisa menandakan tubuh Anda kekurangan darah adalah tubuh terasa lemah dan lelah, sesak napas, pusing, sakit kepala, kulit pucat, kuku rapuh, detak jantung meningkat, dan nafsu makan kurang.

Cobalah untuk memasukkan beberapa bahan alami berikut ini dalam menu sehat yang Anda konsumsi setiap hari. Bahan-bahan ini mengandung zat besi, folat, vitamin C, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh untuk menambah jumlah darah.

Cokelat Hitam

India.com menyebutkan bahwa cokelat hitam bisa jadi penambah darah. Hal itu disebabkan karean kandungan cacao yang mencapai angka 80%. Tidak berhenti sampai di situ, cokelat hitam juga dipenuhi dengan zat besi, antioksidan, vitamin, dan jenis mineral yang lain.

Baca Juga: Inilah beragam makanan penambah darah untuk obati anemia

Daging Merah

Daging merah termasuk makanan penambah darah selanjutnya yang perlu Anda konsumsi secara teratur. Dalam 85 g daging merah, Anda bisa mendapatkan 2.1 mg zat besi. Jenis zat besi yang terkandung dalam daging merah pun efektif diserap tubuh sehingga lebih efektif menambah jumlah darah.

Sayuran Hijau

Bayam dapat digunakan sebagai makanan penambah darah.

Sayuran hijau jadi bahan alami berikutnya yang direkomendasikan India.com untuk menambah jumlah darah dalam tubuh Anda. Bayam dan brokoli adalah beberapa jenis sayuran hijau yang mengandung banyak zat besi. Selain itu, sayuran hijau tersebut juga memiliki banyak vitamin B kompleks, vitamin C, dan lain-lain.

Apel

Apabila Anda mencari makanan penambah darah, maka apel tak boleh ketinggalan untuk Anda jadikan pilihan. Tidak hanya itu, apel juga mengandung sedikit kalori sehingga cocok Anda jadikan cara menurunkan berat badan. Kombinasikan apel dengan makanan bergizi yang lain, misalnya oatmeal.

Baca Juga: Cegah anemia, ini 5 makanan yang mengandung zat besi

Kerang

Kerang dan seafood yang lain bisa jadi makanan penambah darah.

Tahukah Anda bahwa jumlah darah dalam tubuh dapat bertambah jika Anda rutin mengonsumsi kerang? Selain mengandung zat besi, kerang juga kaya akan antioksidan dan protein yang baik untuk tubuh. Hal yang sama juga berlaku untuk seafood yang lain, seperti ikan salmon atau ikan sardin.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi untuk menambah darah. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan perawatan dari dokter, ya. Tetap konsultasikan kondisi tubuh Anda ke dokter apabila mengalami gejala yang cukup parah.

Selanjutnya: 6 Makanan penambah imun tubuh, ada brokoli juga bayam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×